Rabu, Februari 1, 2023
Berita Tambang4 Destinasi Wisata di Sumbar Ini Ternyata Bekas Tambang, Minat Berkunjung?

4 Destinasi Wisata di Sumbar Ini Ternyata Bekas Tambang, Minat Berkunjung?

Ilmutambang.com – Keindahan tempat wisata memang dapat muncul dari mana saja, termasuk dari bekas wilayah pertambangan. 

Belakangan ini, banyak muncul destinasi wisata di Sumatera Barat sisa-sisa atau bekas tambang yang sudah tak terpakai dan ditinggalkan begitu saja. 

Dimulai dari cekungan di bukit dan darat, serta air yang terkumpul ternyata menciptakan sebuah danau atau bukit yang berbentuk unik lho. 

Nah Kawan Tambang penasaran destinasi wisata apa saja yang ada di Sumatera Barat? Yuk simak penjelasannya di bawah ini: 

1. Tambang Salido, Kab. Pesisir Selatan

Tambang Salido atau Tambang Gunung Arum merupakan bekas tambang emas bekas peninggalan VOC di Desa Salido Ketek, Nagari Tambang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. 

Baca Artikel  Pengolahan Batubara Jadi Sumber Ekonomi Baru di Kalimantan

Konon dahulu, orang dari berbagai bangsa sampai ke puncaknya untuk mendapatkan emas. Hingga kini, dipercaya terdapat beberapa orang yang rutin mencari emas di ketinggiannya.

2. Danau Biru, Sawahlunto

Siapa sangka, Danau Biru yang berlokasi di daerah Perambahan, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat itu merupakan kawasan bekas pertambangan batubara. 

Jika Kawan Tambang tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata ini, perlu menempuh sekitar 13 kilometer dari pusat Kota Sawahlunto. Sebelum menuju ke lokasi, disarankan menyiapkan kendaraan terlebih dahulu ya. Sebab untuk melihat danau yang indah ini, kamu harus melewati jalan yang berkerikil dan belum diaspal.

3. Lubang Mbah Suro, Sawahlunto

Lubang Mbah Suro merupakan destinasi wisata edukasi di Sumbar dan sudah dikelola oleh Pemko Sawahlunto. Kawan Tambang tertarik mengunjungi tempat wisata ini? Tenang, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp5,000 saja untuk membeli tiket masuk. 

Baca Artikel  Barang Tambang Ini Melimpah di RI, Bahkan Jadi Rebutan Dunia

Sebelum memasuki lubang tambang, kamu juga akan diberikan perlengkapan keamanan dan pemandu yang akan menjelaskan sejarah dan fungsi lubang tambang Mbah Suro terlebih dahulu.

4. Danau Hijau, Kabupaten Sijunjung

Danau Hijau terletak di ujung Nagari Bukit Bual, kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Seperti namanya, danau ini hijau karena air di dalamnya memang berwarna hijau. Awalnya danau ini hanya sekadar genangan air di tengah bukit akibat galian bekas tambang. Danau Hijau ini tiba-tiba menjadi viral seiring dengan viral nya Danau Biru di Sawahlunto.

Itu dia empat destinasi wisata bekas pertambangan yang indah di Sumatera Barat. Tidak disangka-sangka juga ya, tempat wisata ini awalnya hanya bekas kawasan tambang kini berubah menjadi tempat yang cantik dan juga instagramable. Jadi, Kawan Tambang tertarik berkunjung tempat yang mana nih? 

Baca Artikel  Hari Ini! Ekspor Batubara Dibuka Lagi 12 Januari

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer