Senin, April 15, 2024
Berita TambangKehadiran Pertambangan Memberikan Dampak Positif Bagi Negara

Kehadiran Pertambangan Memberikan Dampak Positif Bagi Negara

ilmutambang.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) melimpah. SDA yang paling menonjol dan paling menjanjikan yaitu sektor pertambangan.

Indonesia memiliki banyak sekali wilayah tambang, seperti tambang batubara di Kalimantan, tambang emas di Papua, tambang batubara, tambang minyak gas dan alam serta masih banyak lagi yang lainnya. 

Tentang Pertambangan dan Lingkungannya

Pengelolaan pertambangan tidak selalu memberikan dampak negatif.  Namun banyak cara dapat dilakukan perusahaan agar dampak buruk dari kegiatan pertambangan bisa diminimalisir.

Dengan mengelola lingkungan secara tepat, masyarakat tidak perlu khawatir lagi. Beberapa perusahaan telah melakukan upaya agar keadaan lingkungan menjadi lebih baik, misalnya dengan mereklamasi, dan pertambangan berkelanjutan (sustainable mining).

Baca Artikel  Kementerian ESDM Kembangkan Anoda Baterai dari Batubara

Pertambangan dan Regulasi Pemerintah

Dikarenakan kegiatan pertambangan memiliki peran dan manfaat yang sangat besar bagi negara, maka pemerintah harus mengawasi dengan memberikan aturan yang jelas dan tegas.

Pengawasan dilakukan tidak dapat sembarangan saja dan harus sangat ketat. Ini supaya kegiatan pertambangan berlangsung dengan baik, mulai dari eksplorasi, eksploitasi hingga perdagangan produknya.

Dari segi perekonomian, kegiatan pertambangan menguntungkan perekonomian negara. Maka setiap daerah tambang akan mendapatkan pendapatan asli daerah. Pengangguran juga dapat diatasi dan pemerintah tak perlu lagi menghabiskan cadangan devisa untuk melakukan impor dari luar negeri.

Kesimpulannya meskipun sektor pertambangan meski memiliki dampak negatif terhadap lingkungan, tapi juga baik bagi keberlangsungan negara. Pengelolaan lingkungan yang baik sangat dibutuhkan agar setelah kegiatan pertambangan berakhir, maka keadaan wilayah itu dapat kembali seperti semula.

Baca Artikel  Mau Belajar Soal Logam? Yuk Kenali Jurusan Metalurgi

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer