Kamis, Oktober 28, 2021

Mau Belajar Soal Logam? Yuk Kenali Jurusan Metalurgi

Bagi Kamu yang ingin tahu dan belajar soal logam, jurusan kuliah Teknik Metalurgi mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Metalurgi sendiri berasal dari bahasa Yunani, Metallougos, yang bagi para ahli kimia mengacu pada proses ekstraksi logam dari mineral

Namun dalam perkembangannya, jurusan metalurgi tak hanya belajar mengenai ekstraksi logam, namun juga tentang produksi logam seperti pengerjaan dan pengolahannya untuk memperoleh logam yang berguna.

Teknik Metalurgi sendiri merupakan bidang ilmu keteknikan atau rekayasa yang mendalami tentang proses ekstraksi dan pembuatan paduan logam, proses penguatan logam, hubungan sifat mekanik logam dengan strukturnya, degradasi logam, hingga proses pengolahan mineral. Ya pada intinya, jurusan metalurgi berarti mempelajari sifat-sifat kimia logam.

Dalam skala besar, keilmuan metalurgi dapat diaplikasikan mulai dari industri hulu berupa industri pertambangan, hingga berbagai industri hilir seperti industri otomotif, industri elektrik, industri pertahanan, industri aircraft, dan lain-lain. 

Jurusan metalurgi bila dibagi berdasarkan pada industri hulu hingga industri hilirnya, maka bisa dibagi menjadi beberapa kelompok secara sederhana, antara lain pengolahan mineral untuk menentukan metode atau teknologi yang paling efektif dan efisien dalam memisahkan mineral mengandung logam berharga dari mineral pengotor.

Kemudian ekstraksi logam, yaitu jurusan metalurgi yang membahas mengenai jalur-jalur ekstraksi logam.

Serta metalurgi fisik yang membahas mengenai metode atau teknologi untuk dapat memanfaatkan logam menjadi suatu produk yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Baca Juga : 8 Sifat Mekanik Logam yang Wajib Diketahui

Oleh karena itu, untuk menguasai seluruh aspek dari jurusan metalurgi ini membutuhkan perjuangan tinggi dibandingkan dengan jurusan/program studi lain. 

Di Indonesia saat ini sudah terdapat beberapa perguruan tinggi yang mengadakan Teknik Metalurgi, seperti di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB), dan lain-lain.

Related Articles

Indonesia
12,735
Total active cases
Updated on October 28, 2021 3:45 pm

Latest Articles