Senin, April 15, 2024
MinerbaBatubaraKenapa Keselamatan Kerja di Pertambangan Batubara Itu Penting?

Kenapa Keselamatan Kerja di Pertambangan Batubara Itu Penting?

ilmutambang.com – Tidak banyak perusahaan yang memahami dan menerapkan keselamatan kerja. Keselamatan kerja melibatkan tiga pihak, yaitu pekerja, perusahaan dan pemerintah. 

Oleh sebab itu penerapan keselamatan kerja harus mengikuti peraturan pemerintah. Seperti peraturan pada umumnya, jika perusahaan pertambangan batubara tidak menjalankannya maka akan mendapatkan sanksi.

Perusahaan pertambangan batubara wajib mempunyai kesadaran mengenai kesehatan dan keselamatan kerja para pekerjanya. Sebab, kawasan pertambangan berpotensi bahaya tinggi.

Keselamatan kerja mempunyai beberapa tujuan, seperti:

  1. Melindungi dan Menjamin Keselamatan Setiap Tenaga Kerja

Melindungi setiap pekerja yang berada di lokasi pertambangan, juga pihak lain yang sedang berada di sana, sehingga mampu mencegah terjadinya kecelakaan.

  1. Menjamin Setiap Sumber Produksi Bisa digunakan Secara Aman dan Efisien
Baca Artikel  8 Daerah Indonesia Sumbang 5,8% Cadangan Emas Dunia

Keselamatan para pekerja yang terjamin akan membuat kegiatan penambangan mampu menggunakan sumber produksi secara aman dan efisien. Sebab para pekerja dapat bekerja secara aman dan nyaman di lokasi tambang.

3.meningkatkan Kesejahteraan dan Produktivitas Nasional

Keselamatan dan kesehatan pekerja akan membuat mereka lebih sejahteran karena tidak mengalami stress maupun gangguan mental lainnya. Sehingga mampu bekerja dengan produktif, bukan sekadar untuk mendapatkan gaji di akhir bulan.

  1. Setiap Perlengkapan dan Peralatan Kerja dipakai Secara Selektif

Para pekerja harus menggunakan perlengkapan dan peralatan secara selektif sesuai peraturan yang ada. Sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya secara tepat.

  1. Ada Jaminan Terhadap Pemeliharaan dan Peningkatan Kesehatan Gizi Pekerja
Baca Artikel  Apa Aja Sih Syarat Izin Usaha Tambang?

Perusahaan harus memperhatikan kesehatan gizi para pekerja. Sebab kesehatan gizi akan berpengaruh besar terhadap produktivitas.

  1. Terhindar dari Gangguan Kesehatan Akibat Lingkungan Kerja

Wilayah pertambangan batubara merupakan daerah yang berbahaya. Kawasan tersebut menyimpan beragam potensi bahaya yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Melalui upaya keselamatan kerja akan membuat pekerja merasa lebih aman dan terlindungi di sana.

Kawan tambang, tujuan keselamatan kerja adalah mengurangi rasa sakit maupun luka yang diakibatkannya, sehingga tidak terlalu parah dan pekerja mampu pulih dengan lebih cepat. Perusahaan juga akan terhindar dari pengeluaran biaya kecelakaan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer