Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangLIPI Manfaatkan Limbah Batubara Jadi Beton Ramah Lingkungan

LIPI Manfaatkan Limbah Batubara Jadi Beton Ramah Lingkungan

Batubara merupakan sumber utama pengadaan sumber energi listrik nasional yang murah, efisien dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Bahkan selain batubaranya sendiri, limbahnya pun kini bisa bermanfaat untuk berbagai hal.

Pusat Inovasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) telah memproduksi beton ramah lingkungan dari bahan limbah batubara asal Indonesia dengan menggunakan teknologi Hakko Industry Co. Ltd..

Beton dari batubara ini diyakini mempunyai kekuatan dan waktu pematangan lebih cepat dan ramah lingkungan daripada beton konvensional.

Beton ini dapat dimanfaatkan untuk membangun jalan-jalan nasional dan berbagai macam infrastruktur, seperti gedung, taman serta infrastruktur lain yang menggunakan bahan dasar beton.

Baca Artikel  Bukan Sembarang Limbah! Abu Batubara Kaya Manfaat Ekonomis

Beton ini dapat menyerap air, sehingga genangan-genangan air dapat diatasi dan berdampak pada kelancaran lalu lintas, kecelakaan, bahkan kerusakan jalan. Beton ini juga cocok untuk wilayah Indonesia yang sering menjadi langganan bencana alam, baik gempa bumi maupun tsunami. 

Selain itu, beton ini telah diterapkan untuk membangun beberapa infrastruktur di Jepang, yang rawan gempa bumi. Beton ini biasa dimanfaatkan juga untuk membangun penahan ombak karena kekuatannya sangat terjamin dan membangun taman-taman karena beton ini tidak panas jika diinjak dengan kaki telanjang.

Diharap kegiatan ini dapat membantu menyebarluaskan produk ramah lingkungan kepada masyarakat Indonesia melalui pengenalan terhadap karakteristik produk yang diproduksi di Indonesia. 

Baca Artikel  Semen Salah Satu Produk Hasil Tambang

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer