Senin, April 15, 2024
Berita TambangKala Lubang Bekas Tambang Datangkan Rupiah bagi Warga Banjar

Kala Lubang Bekas Tambang Datangkan Rupiah bagi Warga Banjar

ilmutambang.com – Untuk mengisi waktu libur, banyak hal yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah mengunjungi Danau Biru Pengaron terbentuk dari lubang bekas tambang yang berada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Danau Biru Pengaron terletak di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalsel. 

Danau Biru Pengaron yang eksotis ini merupakan lubang bekas tambang. Pesona Danau Biru Pengaron terdapat pada genangan airnya yang memiliki warna biru tosca. Hasil biasan sinar matahari ke air permukaan danau yang mengandung logam-logam tertentu.

Tujuan wisata ini dari kota Banjarmasin jaraknya sekitar 80 km atau ditempuh dalam waktu 2 jam. Dikarenakan belum dikelola oleh masyarakat sekitar maupun pemerintah setempat, maka masuk kawasan wisata ini tidak dipungut biaya.

Para wisatawan yang berkunjung ke danau ini umumnya berfoto dengan latar belakang Danau Pengaron dan mengeksplorasi berbagai sudut danau. Terlebih di sekelilingnya terdapat tebing bekas pahatan tambang yang membentuk relief unik dan bukit yang hijau.

Baca Artikel  7 Jenis Izin Pertambangan Indonesia yang Bisa Dipelajari

Wisatawan juga bisa bermain air di danau ini, namun tidak disarankan untuk berenang. Dengan bermain air wisatawan akan menjumpai ikan seluang kecil yang ikut berenang-renang dalam birunya air.

Wisatawan juga bisa duduk-duduk di tepi danau terlebih yang datang bersama teman atau keluarga yang bisa diajak ngobrol santai sambil menikmati panorama danau yang eksotis.

Danau ini sangat berpotensi menjadi tujuan wisatawan mancanegara. Untuk itu perlu upaya pengembangan, misalnya dengan menambahkan fasilitas spot foto dengan membangun focal pont, seperti gapura yang indah atau patung yang mencirikan danau biru tersebut.

Dapat juga membangun spot foto di tengah danau atau membuat rumah atau gazebo serta wahana permainan air. Kemudian pengembang akses jalan atau tangga berkelok, karena kawasan tersebut tekstur tanahnya bergelombang.

Kawan tambang itulah keindahan dan potensi wisata Danau Biru Pengaron yang eksotis dan masih perlu terus dikembangkan. Tertarik berkunjung?

Baca Artikel  Mengenal Lebih Jauh Jenis-jenis Geophysical Well Logging

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer