Jumat, November 25, 2022

Macam-Macam Hasil Tambang di Indonesia, Apa Saja Ya Kira-Kira?

Ungkapan Indonesia sebagai “Tanah Surga” rasanya memang masih pantas disematkan. Bukan tanpa alasan, Indonesia hadir dengan begitu banyak keindahan dan kekayaan alam di dalamnya, dan juga melimpahnya sumber daya alam di sektor pertambangan.

Ragam hasil pertambangan di Tanah Air yakni mulai dari mineral berharga seperti batubara sampai komoditas kebutuhan energi seperti timah tersebar luas di Indonesia.

Macam-Macam Hasil Tambang di Indonesia

Nah daripada Kawan Tambang penasaran apa saja ya hasil tambang yang ada di Indonesia, langsung simak penjelasannya di bawah ya! 

1. Batubara

Batubara menjadi komoditas yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Barang tambang ini bisa digunakan untuk menciptakan energi listrik dan juga panas.

Bahkan, dalam pengoperasian pembangkit listrik, batubara sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar untuk pengoperasian pembangkit listrik.

Terkait potensinya sendiri, merujuk pada data Kementerian ESDM tahun 2021 Indonesia memiliki cadangan batubara sebesar 38,84 miliar ton.  Cadangan batubara baru akan habis sampai 65 tahun ke depan, bila diasumsikan tidak ditemukan cadangan baru.

2. Minyak Bumi 

Pemanfaatan minyak bumi memegang peran yang sangat penting karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Minyak bumi di Indonesia dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah, mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku dan Papua. Lokasinya di Riau, Muara Enim, Wonokromo, Blok Cepu di Cilacap, serta di Tarakan dan beberapa wilayah lainnya.

3. Timah

Seperti minyak bumi dan batubara, timah juga memainkan peran yang tidak kalah penting.

Indonesia menempati posisi empat di dunia sebagai penghasil timah setelah Cina, Malaysia dan Peru. Timah dapat ditemukan di Bangka Belitung dan beberapa wilayah lainnya di Indonesia.

4. Emas

Emas juga menduduki posisi barang tambang karena nilai ekonominya yang sangat tinggi. Ada beberapa wilayah lokasi tambang emas yang cukup terkenal di Indonesia. Papua dan Martabe di Sumatera. 

Itu dia beragam hasil tambang yang ada di Indonesia. Melihat melimpahnya hasil tambang di Nusantara, sudah seharusnya dapat manfaatkan secara optimal untuk kepentingan dan kebutuhan dalam negeri. 

Jika Kawan Tambang tertarik dengan informasi seperti ini atau informasi pertambangan lainnya, bisa mengunjungi website Ilmu Tambang untuk eksplorasi lebih jauh. Atau bisa juga follow instagram Ilmu Tambang di @ilmutambang.id untuk mendapatkan update berita pertambangan terbaru. 

Related Articles

Indonesia
63,052
Total active cases
Updated on November 25, 2022 8:21 pm

Latest Articles