Sabtu, Maret 6, 2021

Manfaat Batubara untuk Kehidupan

Batubara merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. 

Benda padat ini banyak ditemukan di Indonesia terutama di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera.

Berdasarkan Undang-undang Minerba Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Mineral dan Batubara bab III pasal 5, pengendalian produksi dan ekspor batubara di Indonesia diatur dengan peraturan pemerintah demi mencegah kelangkaan.

Alasan utama menggunakan batubara selain sumber daya alam yang bisa diandalkan, batubara juga bisa dibilang salah satu bahan yang terjangkau untuk digunakan dalam pembangkit listrik. 

Sebelum langsung mengetahui manfaat batubara untuk kehidupan sehari-hari, sebaiknya mengetahui dari mana sebenarnya batubara berasal.  

Batubara terbuat dari kandungan karbon, memiliki sedikit hidrogen, oksigen, nitrogen, sulfur dan kandungan anorganik lainnya. 

Kandungan anorganik yang terdapat di dalam batubara, memiliki jumlah molekul yang tinggi, yang bisa membentuk cincin aromatic monomer.

Batubara bisa diolah menjadi sumber energi yang digunakan di dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam membangkitkan tenaga listrik.

Baca Juga: Faktor Ini Sebabkan Investasi Migas 2020 Terpuruk

Berikut 4 manfaat lain dari batubara yang jarang diketahui, di dalam kehidupan sehari-hari: 

1). Menjadi Sumber Tenaga Listrik

Manfaat batubara yang sering kita ketahui adalah digunakan sebagai sumber daya pembangkit listrik. 

Bahan bakar batubara ini digunakan untuk pembangkit listrik tenaga uap, yang merupakan instalasi pembangkit listrik, yang didapatkan dari mesin turbin dan diputar oleh uap.

Related Articles

Indonesia
148,356
Total active cases
Updated on March 6, 2021 7:46 am

Latest Articles