Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangBukan Hanya Memantau Armada, Ini Manfaat Lain FMS di Pertambangan!

Bukan Hanya Memantau Armada, Ini Manfaat Lain FMS di Pertambangan!

ilmutambang.com – Fleet Management System (FMS) merupakan platform atau perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengelola dan mengawasi armada kendaraan yang digunakan di dalam kendaraan tambang

Dapat dikatakan, FMS memainkan peran kunci dalam pengelolaan armada yang efisien dan sukses di industri pertambangan. 

Tapi ternyata bukan hanya itu saja, ada banyak manfaat FMS lainnya yang dapat membawa dampak positif bagi perusahaan. 

Melihat hal tersebut, itu lah kenapa perusahaan perlu menggunakan FMS sebaik mungkin sebab banyak manfaat signifikan yang bisa diperoleh dengan menerapkan sistem ini. 

Baca Artikel  Tanpa Disadari! Ini 7 Makna Warna Helm Proyek Tambang

Kawan Tambang penasaran apa saja manfaatnya? Yuk langsung simak di bawah ini ya:  

  1. Peningkatan Efisiensi Operasional dan Manajemen Bahan Bakar 

Dalam hal ini, FMS tentu sangat membantu dalam jadwal perawatan, optimalisasi rute, serta menghindari waktu henti tak terduga

Perusahaan bisa mengurangi biaya operasional dengan signifikan hanya melalui memantau dan mengendalikan penggunaan bahan bakar, identifikasi kebocoran atau pemborosan. 

  1. Pemantauan Armada Secara Real Time 

Dengan teknologi pelacakan GPS sangat memungkinkan bagi perusahaan untuk memantau armada secara real-time, dan beroperasi sesuai rencana. 

  1. Keselamatan Pengemudi 

Sistem FMS ini dapat memberikan informasi tentang  kecepatan kendaraan hingga kebiasaan pengemudi. 

Data ini bisa digunakan untuk memberikan feedback kepada pengemudi untuk menerapkan langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk meminimalisir resiko kecelakaan. 

  1. Manajemen Perawatan dan Perbaikan 

Dengan memonitor kondisi kendaraan menjadwalkan perawatan dengan tepat, dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat sama artinya dengan memperpanjang masa pakai armada. 

  1. Pelaporan dan Analisis

Melalui FMS, data operasional yang akurat akan terkumpul dan data inilah yang akan digunakan untuk menghasilkan laporan yang komprehensif. 

Dengan mengadopsi sistem FMS ini perusahaan tambang akan mampu mengoptimalkan efektivitas operasional dan meningkatkan keselamatan pengemudi. 

Nah itu dia informasi mengenai manfaat lain FMS di pertambangan selain untuk mengawasi armada kendaraan tambang. Jadi kamu tertarik untuk menggunakan teknologi FMS gak nih? 

Baca Artikel  Dear Pengusaha, Ini 3 Jenis Timah yang Boleh Diekspor

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer