Selasa, April 16, 2024
Berita TambangManfaat Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Bagi Pekerja Tambang

Manfaat Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Bagi Pekerja Tambang

ilmutambang.com – Sudah menjadi rahasia umum, industri pertambangan mengandung banyak risiko keselamatan. Hal ini tentu memunculkan kekhawatiran yang besar, baik bagi pekerja maupun pengusaha tambang. Itulah mengapa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam industri pertambangan merupakan hal yang sangat penting.

Praktik standar bagi keselamatan dan kesehatan kerja dalam pertambangan memang masih terus berkembang. Praktik standar tersebut terdiri dari:

  • Memberikan panduan dan mengkomunikasikan masalah kesehatan dan keselamatan kerja secara efektif kepada karyawan, kontraktor dan tamu perusahaan.
  • Memberikan pelatihan bagi semua karyawan.
  • Menetapkan prosedur yang jelas untuk mengidentifikasi dan menilai bahaya dan risiko.
  • Memantau dan melaporkan kinerja kesehatan dan keselamatan secara teratur.
Baca Artikel  Pengawas Operasional: Kenapa Posisi Ini Penting di Industri Pertambangan?

Beberapa manfaat bagi pengusaha dan pekerja dengan mematuhi praktik standar ini, di antaranya adalah:

  1. Pencegahan Insiden

    Mengurangi risiko kesehatan jangka panjang, cedera, penyakit dan kematian akibat bahaya dan risiko di tempat kerja. 
  2. Perlindungan Finansial

    Menghindari denda dan hukuman yang dikeluarkan oleh inspektur atas pelanggaran K3. Mengurangi pengeluaran untuk klaim kompensasi pekerja, tim hukum, jasa humas untuk meredakan pemberitaan negatif. 
  3. Reputasi Bisnis

    Reputasi yang baik dibangun dengan melakukan Manajemen K3, sehingga lisensi perusahaan untuk beroperasi terjaga dan mampu menarik serta mempertahankan SDM yang berkualitas.  
  4. Peningkatan Produktivitas

    Lingkungan tempat kerja yang aman akan membuat pekerja lebih fokus untuk mencapai target, sehingga dapat mengurangi keterlambatan penyelesaian proyek, kerusakan peralatan dan kehilangan kesepakatan bisnis. 
  5. Penurunan Tingkat Ketidakhadiran Pekerja

    Berkurangnya waktu tunda karena ketidakhadiran karyawan akan menekan gangguan dan penundaan operasional. 
  6. Standar yang Lebih Tinggi

    Lingkungan tempat kerja yang mempraktikkan manajemen keselamatan, kebersihan dan tata graha memiliki standar lebih tinggi. 
  7. Perlindungan Aset

    Karyawan merupakan aset terbesar perusahaan. Dengan melindungi kesehatan dan keselamatan karyawan maka perusahaan telah menjaga operasi dan keberhasilannya.
Baca Artikel  4 Fakta Peluncuran Tambang Asteroid Senilai US$10 Ribu Kuadriliun

Melihat dari manfaat yang ada, sudah jelas bahwa pendekatan manajemen keselamatan berbasis kesadaran keselamatan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya. Mulai dari pengusaha, karyawan, masyarakat dan lingkungannya.

Oleh karena itu, sudah seharusnya setiap perusahaan tambang menerapkan pendekatan manajemen keselamatan demi meminimalisir risiko kecelakaan di pertambangan. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer