Jumat, Juni 14, 2024
Berita TambangMau Bekerja Di Pertambangan? Kamu Wajib Punya Softskill Ini

Mau Bekerja Di Pertambangan? Kamu Wajib Punya Softskill Ini

Siapa yang tak ingin bekerja di perusahaan pertambangan dengan gaji yang menjanjikan serta fasilitas dan tunjangan yang menarik?

Nah, untuk Kamu yang ingin bekerja di perusahaan pertambangan, tak hanya skill akademis yang wajib kamu punya, melainkan juga dibutuhkan softskill lainnya yang dapat mendukung kinerja agar lebih maksimal.

Lantas, apa saja softskill yang wajib dimiliki bagi para pekerja perusahaan pertambangan? 

  • Kedisiplinan

Kedisiplinan menjadi hal utama yang wajib Kamu miliki jika ingin bekerja di industri pertambangan. Hal ini mengingat perusahaan tambang memiliki standar keamanan dan keselamatan yang sangat tinggi, yang wajib dipatuhi oleh setiap pekerjanya.

Jika Kamu tidak memiliki softskill kedisiplinan, maka bisa jadi akan dikenai aturan pelanggaran yang akan berpengaruh besar pada penilaian kinerja.

Baca Artikel  Kawasan Konservasi Eks-Tambang di Bangka Belitung

Perusahaan juga menerapkan zero tolerance untuk pelanggaran keamanan dan keselamatan kerja.

  • Kemampuan Berbahasa Asing

Karena mayoritas pengelola perusahaan tambang adalah dari berbagai belahan dunia dan kerap berhubungan dengan negara lain, maka kemampuan berbahasa asing terutama Bahasa Inggris sangat mutlak dibutuhkan.

Tak hanya berkomunikasi secara langsung, namun kemampuan berbahasa asing ini dibutuhkan saat berkomunikasi secara daring melalui email atau aplikasi pengiriman pesan lainnya.

  • Profesionalitas

Profesionalisme sangat dijunjung tinggi dalam budaya dan lingkungan kerja industri pertambangan. Hak yang sama akan didapatkan oleh seluruh pekerja, tidak memandang latar belakang usia, gender, maupun pendidikan. Khususnya dalam masalah jenjang karir. 

  • Tahan Banting

Jika ingin bekerja di pertambangan, softskill yang ini sudah pasti wajib Kamu miliki. Pasalnya, mental juga sangat mempengaruhi kinerja sehari-hari di dunia pertambangan. Terlebih jika Kamu berniat menempati posisi sebagai pekerja lapangan. 

Baca Artikel  Aceh Jadi Target Proyek Gasifikasi Batubara Rp7,9 T

Kondisi lingkungan dan keamanan sekitar tambang yang bermedan berat kerap memberikan tekanan mental yang sangat tinggi kepada para pekerja.

Baca Juga : Persiapkan 4 Hal Ini Jika Tertarik Bekerja di Pertambangan!

Sehingga, jika Kamu tidak memiliki softskill tahan banting, tentu saja tidak akan bertahan lama bekerja di industri ini.

Demikian contoh-contoh softskill yang wajib kamu miliki jika ingin bekerja dan berkecimpung di dunia pertambangan.

Keempat softskill tersebut sangat penting untuk dimiliki pekerja pertambangan mengingat medan yang berat dan pekerjaan yang tidak mudah, membuat tidak sembarangan orang bisa bekerja di industri pertambangan ini.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer