Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangMau Beli Alat Berat Pertambangan Bekas? Yuk Perhatikan Tips Berikut!

Mau Beli Alat Berat Pertambangan Bekas? Yuk Perhatikan Tips Berikut!

Pilihan yang cerdas untuk menghemat biaya dalam bisnis konstruksi atau industri pertambangan yaitu membeli alat berat bekas. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskannya.

Alat berat adalah tulang punggung industri pertambangan dan bisnis konstruksi. Alat berat memudahkan berbagai proses pekerjaan dunia pertambangan dan konstruksi.

Berikut ini tips membeli alat berat bekas dengan bijak.

  1. Tentukan Kebutuhan

Tentukan dengan jelas jenis dan spesifikasi alat berat yang akan dibeli. Pertimbangkan kapasitas, usia dan kondisi alat berat yang dibutuhkan.

  1. Lakukan Riset dan Pencarian

Cari informasi tentang alat berat tersebut di internet, membaca ulasan dan menghubungi rekan bisnis yang lebih berpengalaman. Cari dealer alat berat bekas yang terpercaya dan bereputasi baik. 

  1. Periksa Riwayat Perawatan
Baca Artikel  Melalui Kebijakan Ini, Ketimpangan Pekerja Perempuan di Tambang Bisa Teratasi!

Periksa riwayat perawatan dan pastikan alat berat tersebut telah menjalani perawatan rutin dan memiliki catatan servis yang lengkap. 

  1. Lakukan Inspeksi Langsung

Lakukan inspeksi langsung terhadap alat berat yang diminati. Perhatikan jika ada kerusakan atau tanda-tanda aus pada mesin, transmisi dan hidrolik. Periksa juga apakah ada tanda-tanda kebocoran oli dan pendinginan.

  1. Uji Alat

Mintalah izin untuk menguji alat berat tersebut. Cobalah berbagai fungsi mesin, sistem hidrolik, rem, transmisi dan pastikan semuanya berjalan dengan baik.  

  1. Periksa Dokumen dan Kelengkapan

Periksa semua dokumen terkait pembelian alat berat bekas tersebut, termasuk sertifikat kepemilikan, dokumen perawatan, dan bukti kepemilikan sebelumnya. Pastikan alat berat dilengkapi dengan semua aksesori dan peralatan yang standar.

  1. Evaluasi Harga dan Negosiasi
Baca Artikel  8 Deretan Negara Pemilik Cadangan Bauksit Terbesar, Ada Indonesia?

Bandingkan harga alat berat bekas tersebut dengan harga pasar saat ini. Jika ada masalah atau kekurangan pada alat berat itu, gunakan ini untuk menawar harga yang lebih baik.

  1. Garansi atau Jaminan

Tanyakan garansi atau jaminan yang ditawarkan oleh penjual atau dealer. Karena apabila terjadi masalah setelah pembelian, maka garansi akan memberikan perlindungan.

  1. Pertimbangkan Biaya Operasional

Pertimbangkan biaya operasional alat berat bekas tersebut, seperti konsumsi bahan bakar, suku cadang dan biaya perawatan berkala. Pastikan biaya tersebut sesuai dengan anggaran operasional perusahaan.

  1. Pertimbangkan Pembiayaan

Apabila tidak memiliki dana tunai yang cukup, pertimbangkan pilihan jasa pembiayaan atau leasing. Hal ini dapat membantu mendapatkan alat berat bekas dengan pembayaran yang lebih terjangkau.

Baca Artikel  Tertarik Melamar Kerja ke Perusahaan Tambang? Simak Dulu 5 Tips Berikut Yuk

Kawan tambang, membeli alat berat bekas merupakan keputusan besar yang memerlukan perhitungan matang. Panduan di atas kiranya akan mempermudah membuat keputusan tersebut. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer