Minggu, Mei 26, 2024
MinerbaBatubaraMelihat Ragam Potensi Hasil Tambang Laut Indonesia..

Melihat Ragam Potensi Hasil Tambang Laut Indonesia..

ilmutambang.com – Indonesia memiliki wilayah lautan dan daerah bawah laut yang menyimpan kekayaan sumber daya alam luar biasa. Kekayaan alam tersebut salah satunya potensi hasil tambang yang bernilaiekonomis tinggi.

Hasil Tambang Bawah Laut

Beberapa hasi eksplorasi tambang bawah laut, ntara lain:

  1. Batubara

Pada umumnya aktivitas penambangan batubara dilakukan di permukaan tanah ataupun di bawah tanah. Namun batubara juga terdapat di bawah laut.

  1. Minyak Bumi

Indonesia menghasilkan ratusan ribu barel minyak bumi per hari. Minyak bumi memberikan banyak manfaat untuk kelangsungan hidup manusia. Mulai dari memasak, bahan bakar kendaraan, gas cair, sampai pembangkit listrik.

Beberapa lokasi penambangan minyak lepas pantai di Indonesia, yaitu blok Mahakam (Kalimantan Timur), blok Cepu (Jawa Timur), blok Rokan (Riau), blok South East Sumatera (Teluk Jakarta) dan blok South Natuna (Kepulauan Riau).

  1. Emas
Baca Artikel  Sering Dilupakan, Ini Sejuta Manfaat Pengolahan Limbah Pertambangan Bagi Lingkungan

Emas tidak hanya ditemukan di daratan, tetapi juga terdapat di dasar laut. Tambang emas bawah laut di Indonesia berada di perairan Bayah dan Lebak Banten dengan jumlah cadangan sekitar 28 ton.

  1. Sumber Daya Mineral Lain

Sumber daya mineral lainnya adalah gas bumi, timah, perak, pasir kuarsa, monosit dan zirkon, pasir besi, pospor, kromit dan lainnya.

Luas lautan di Indonesia sekitar 5,8 juta km2 dengan garis pantai sepanjang 81.000 km dan merupakan garis pantai produktif terpanjang kedua di dunia.

Laut memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, sebagai jalur transportasi, sumber makanan,  energi dan pertambangan, kawasan perdagangan dan pertahanan keamanan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer