Kamis, April 18, 2024
Berita TambangSering Dilupakan, Ini Sejuta Manfaat Pengolahan Limbah Pertambangan Bagi Lingkungan

Sering Dilupakan, Ini Sejuta Manfaat Pengolahan Limbah Pertambangan Bagi Lingkungan

ilmutambang.com – Perlu diketahui, pengelolaan limbah pertambangan yang baik dan benar merupakan kewajiban perusahaan yang wajib dijalankan karena berpengaruh bagi lingkungan dan masyarakat.

Namun berdasarkan data Kementerian ESDM tahun 2019, baru sekitar 40 perusahaan tambang di Tanah Air yang menerapkan pengelolaan pertambangan sesuai standar pemerintah.

Limbah pertambangan tentu berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Apabila tidak dikelola secara bertanggung jawab, limbah ini tentu dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan sebab limbah dapat masuk ke dalam air untuk dikonsumsi.

AMDAL
ilustrasi AMDAL, foto: smartplusconsulting.com

Peraturan pemerintah menyebutkan, sebelum memulai usaha pertambangan setiap perusahaan sudah harus memiliki AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan).  Kemudian menerapkan prosedur pengolahan yang benar, karena dengan begitu maka memiliki keuntungan sebagai berikut.

  1. Menjaga Sumber Air Bersih
Baca Artikel  Yuk Sayangi Lingkungan dengan Menerapkan Pertambangan Berkelanjutan

Sisa logam yang terbuang ke dalam tanah dapat ditekan dan air yang meresap ke dalam sumur dan air tanah dapat tersaring sampai bersih. Limbah tidak mengotori sumber air yang digunakan untuk menunjang kehidupan makhluk hidup di sekitarnya.

  1. Digunakan untuk Pengairan Sawah

Pengolahan limbah di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dapat bermanfaat bagi pertanian, perkebunan dan perikanan sekitarnya. Karena minim bahan-bahan kimia berbahaya maka lombah dapat disalurkan ke sistem irigasi.

  1. Mencegah Timbulnya Penyakit

Kontaminasi racun yang berasal dari buangan industri dan tambang harus dihindari. Sehingga tidak ada risiko penyakit bagi masyarakat, hewan maupun tumbuhan sekitarnya.

  1. Menjaga Kebersihan Sungai

Bagi masyarakat yang biasa beraktivitas menggunakan air sungai seperti mencuci, memandikan ternak, mengairi sawah dan sebagainya tidak perlu khawatir. Tidak ada bahan-bahan berbahaya masuk ke dalam aliran sehingga aman.

  1. Siklus Industri Produktif
Baca Artikel  Teknologi Hijau Bantu Pertambangan Menjaga Lingkungan dengan Baik

Air hasil pengolahan limbah dapat digunakan kembali dalam proses produksi. Apalagi saat musim kemarau yang menyebabkan berkurangnya pasokan air untuk aktivitas industri.

  1. Efisiensi Biaya Produksi

Limbah merupakan tanggung jawab perusahaan. Apabila terjadi kebocoran, perusahaan harus menanggung biaya untuk memperbaiki. Juga memberikan kompensasi kepada pihak yang dirugikan. Tetapi hal ini dapat dihindari dengan pengolahan sejak awal proses.

  1. Memperlancar Aktivitas Bisnis Perusahaan

Tidak ada beban moral dalam bisnis yang dijalankan, sebab tidak ada yang dirugikan dari proses pengolahan tambang. Maka hubungan dengan masyarakat, klien dan alam sekitar terjaga dengan baik. 

Refrensi agincourtresources.com

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer