Sabtu, Mei 25, 2024
Berita TambangTeknologi Hijau Bantu Pertambangan Menjaga Lingkungan dengan Baik

Teknologi Hijau Bantu Pertambangan Menjaga Lingkungan dengan Baik

Sering kali pertambangan digambarkan sebagai penjahat, karena kegiatan tambang mereka berdampak buruk pada lingkungan. Namun kini oleh berbagai penemuan teknologi di segala bidang, kegiatan pertambangan mulai lebih bertanggung jawab pada masalah kelestarian lingkungan.

Kemajuan dan penemuan teknologi telah memberi peluang bagi industri pertambangan untuk dapat meng otomatisasi dan digitalisasi proses kerja mereka. Sehingga kerusakan lingkungan dapat ditekan ke tingkat paling rendah akibat efisiensi dan efektifitas kerja mereka.

Kegiatan tambang terkait erat dengan peningkatan emisi karbon dan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Inovasi teknologi dalam dunia tambang yang dikenal juga sebagai inovasi hijau ini, merupakan teknologi yang dapat membatasi kegiatan manusia dalam tambang sehingga akan mengurangi dan mencegah emisi karbon. 

Baca Artikel  Yuk Sayangi Lingkungan dengan Menerapkan Pertambangan Berkelanjutan

Salah satu teknologi hijau tersebut menggantikan pemanfaatan mineral dan logam ke teknologi rendah emisi dengan memanfaatkan energi terbarukan seperti dari angin, matahari, panas bumi dan air.

Inovasi hijau pada kenyataaya bukan hanya sekadar pertambangan yang ramah lingkungan, namun juga memperhatikan betul setiap rincian yang dilakukan sebelum, selama dan setelah penambangan.

Misalnya sebelum penambangan, perusahaan tambang harus menentukan alat yang akan digunakan ramah lingkungan, segala kegiatan selama proses penambangan tidak banyak menimbulkan emisi karbon dan sesudah penambangan harus melakukan reklamasi lahan.

Inovasi hijau merupakan sebuah langkah untuk menjaga keseimbangan alam dan memerhatikan kehidupan manusia di sekitarnya.

Kawan tambang, melalui inovasi hijau diharapkan seluruh perusahaan tambang Indonesia dapat memenuhi semua ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga kelestarian lingkungan hidup dapat selalu terjaga.

Baca Artikel  2 Langkah Jitu Kelola Limbah Tambang Agar Tidak Merusak Lingkungan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer