Rabu, Februari 1, 2023
Berita TambangMengapa Batubara Berwarna Hitam? Ini Penjelasannya..

Mengapa Batubara Berwarna Hitam? Ini Penjelasannya..

ilmutambang.com – Mengapa batubara berwarna hitam? Batu bara adalah mineral organik yang terbentuk dari endapan tumbuhan purba dan berubah bentuk akibat proses fisika dan kimia selama jutaan tahun. Batubara masuk dalam kategori bahan bakar fosil.  

Proses yang mengubah tumbuhan menjadi batubara disebut dengan pembatubaraan (coalification). Pembentukan batubara dimulai sejak periode pembentukan Karbon (Carboniferous Period), antara 360 juta sampai 290 juta tahun yang lalu. 

Karakteristik batubara berbeda-beda sesuai dengan lapangan batubara (coal field) dan lapisannya (coal seam). Hal ini ditentukan oleh jenis tumbuhan purba yang berbeda sesuai dengan zaman geologi dan lokasi tempat tumbuh dan berkembangnya.

Lokasi pengendapan (sedimentasi) tumbuhan, pengaruh tekanan batuan dan panas bumi serta perubahan geologi yang berlangsung kemudian.

Baca Artikel  Harga Nikel Melesat 19 Persen, Indonesia Dapat Rezeki!

Kualitas dari setiap endapan batubara ditentukan oleh suhu dan tekanan serta lama waktu pembentukan, yang disebut sebagai ‘maturitas organik’. 

Mulanya endapan tumbuhan berubah menjadi gambut (peat), kemudian berubah menjadi batubara muda (lignite) atau batubara coklat (brown coal). Batubara muda adalah batubara dengan jenis maturitas organik rendah.

Setelah berada dalam suhu dan tekanan selama jutaan tahun, maka batubara muda mengalami perubahan secara bertahap, menambah maturitas organiknya dan mengubah batubara muda menjadi batubara sub-bituminus (sub-bituminous). 

Perubahan kimiawi dan fisika yang terus berlangsung membuat batubara menjadi lebih keras dan warnanya lebih hitam, sehingga membentuk bituminous (bituminous) atau antrasit (anthracite). Peningkatan maturitas organik terus berlangsung hingga membentuk antrasit. 

Baca Artikel  Manfaat GIS dalam Dunia Tambang, Apa Saja Nih?

Dalam proses pembatubaraan, maturitas organik merupakan perubahan konsentrasi dari setiap unsur utama pembentuk batubara.

Batubara yang berkualitas tinggi semakin keras dan kompak, serta warnanya semakin hitam mengkilat. Kelembabannya berkurang dan kadar karbonnya meningkat, sehingga kandungan energinya semakin besar.

Itu dia penjelasan mengenai proses maturasi organik batubara yang berkualitas tinggi dengan warna hitam mengkilat. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Kawan Tambang ya dalam isu pertambangan.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer