Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangMengenal Apa Itu Bijih Bauksit dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Mengenal Apa Itu Bijih Bauksit dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

ilmutambang.com Pemerintah Indonesia resmi mengumumkan pelarangan ekspor bijih bauksit per Juni 2023. Pelarangan ini bertujuan untuk menambah pendapatan negara dan mendorong hilirisasi di dalam negeri.

Apabila industrialisasi bijih bauksit dalam negeri ini terus digenjot seiring dengan pelarangan ekspor, Diprediksi setidaknya pendapatan negara akan bertambah dari sebelumnya Rp 21 triliun menjadi Rp 62 triliun.

Apa Itu Bauksit?

Bauksit adalah bijih utama aluminium, yaitu kelompok mineral aluminium hidroksida seperti gibsit-Al2O33H2O; boehmit-Al2O3H2O; atau diaspora Al2O3H2O.

Bauksit terbentuk dari batuan yang mempunyai kadar aluminium relatif tinggi, kadar Fe rendah dan sedikit kadar kuarsa (SiO2) bebas.

Bijih bauksit mempunyai ciri yaitu, warna putih atau kekuningan dalam keadaan murni, namun akan berubah menjadi merah atau coklat jika terkontaminasi oleh besi oksida atau bitumen. Ciri lainnya adalah sangat lunak, relatif ringan, mudah patah, tidak larut dalam air dan tidak dapat terbakar.

Baca Artikel  Dampak Program Hilirisasi Tambang, Neraca Perdagangan RI Positif

Tambang bauksit Indonesia terdapat di Pulau Bintan, Pulau Bangka dan Kalimantan Barat. Dengan jenis mineral yaitu, gibsit-Al2O3 3H2O, dengan kadar utama alumina, kuarsa, silika aktif, TiO2 dan Fe2O3.

Manfaat Bauksit

Manfaat bijih bauksit dalam kehidupan sehari-hari di antaranya:

  1. Bahan baku utama pembuatan aluminium.
  2. Bahan abrasif yang sangat keras dan kuat.
  3. Bahan Proppant, yang digunakan dalam pengeboran minyak dan gas bumi. 
  4. Bahan untuk menutup retakan yang timbul akibat tekanan tinggi di dalam sumur.

Indonesia merupakan negara penghasil bijih bauksit terbesar di dunia, dengan cadangan sebesar 4 persen dari total cadangan dunia, yaitu 30,39 miliar ton dengan jumlah sekitar 1,2 miliar ton. Maka tidak salah, Indonesia berada di posisi ke-6 pemilik cadangan bauksit terbesar di dunia.

Baca Artikel  Ini 6 Manfaat Proyek DME untuk Indonesia, Hemat Devisa Negara!

Jika kamu tertarik dengan informasi seperti ini atau informasi seputar pertambangan lainnya, bisa mengunjungi website Ilmu Tambang untuk eksplorasi lebih jauh. Atau bisa juga follow instagram Ilmu Tambang di @ilmutambang.id untuk mendapatkan update terbaru.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer