Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangMengenal Ragam Jenis Bulldozer di Pertambangan

Mengenal Ragam Jenis Bulldozer di Pertambangan

Bulldozer memiliki peran penting sebagai alat yang digunakan untuk mendorong dan meratakan bahan tambang. Secara umum, bulldozer memiliki fungsi utama untuk membuka, meratakan, dan membersihkan lahan pertambangan agar proses penambangan dapat bekerja secara optimal dan berjalan dengan lebih cepat.

Jika kamu pernah ke area pertambangan, pasti menemui berbagai jenis bulldozer di sana. Terkadang bulldozer memang mirip dengan traktor, namun ternyata berbeda loh. Alat berat ini mempunyai sejumlah ciri khas dan kelengkapan khusus, yaitu blade pada bagian depan kendaraan. 

Nah, penasaran jenis-jenis bulldozer apa saja yang ada di pertambangan? Yuk simak di bawah informasinya: 

  1. Crawler

Crawler mempunyai roda rantai dan daya dorong cukup besar. Sangat cocok digunakan pada medan lunak, tanah berlumpur, medan keras, medan kasar sampai medan yang berbatu. Crawler juga memiliki daya apung besar dan kapasitas ground contact besar.

  1. Mini
Baca Artikel  Penasaran Kegunaan Bulldozer di Pertambangan Apa Saja?

Mini bulldozer adalah bulldozer yang berukuran lebih kecil. Walaupun kecil, alatan ini tetap memiliki kemampuan memadai dan dapat digunakan dalam beragam keperluan di pertambangan. 

  1. Wheel

Wheel merupakan mesin yang memakai roda baret dengan sifat lebih lunak. Wheel mampu bergerak dengan kecepatan cukup tinggi jika dibandingkan dengan dua jenis bulldozer di atas. 

Baca Juga : Penjelajah Ini Masuki Tambang Tua di Inggris, Temukan Apa?

Wheel tidak membutuhkan adanya alat angkut. Mesin ini mampu menghasilkan output besar walaupun dipakai dalam kecepatan tinggi. Operator juga tidak akan mudah merasa lelah dalam mengoperasikan wheel.

Itulah berbagai jenis bulldozer yang sering digunakan dalam aktivitas pertambangan. Tidak dapat dipungkiri, peran alat berat ini dalam proyek besar seperti pertambangan memang sangatlah penting. 

Baca Artikel  Penasaran Kegunaan Bulldozer di Pertambangan Apa Saja?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer