Senin, Mei 27, 2024
MinerbaBatubaraMengintip Gaji Pertambangan Batubara dan Prospek Kerjanya..

Mengintip Gaji Pertambangan Batubara dan Prospek Kerjanya..

ilmutambang.com – Sudah menjadi rahasia umum, bekerja di industri pertambangan menghasilkan gaji yang cukup fantastis. Salah satu pertambangan yang ada di Indonesia adalah tambang batubara. Lalu berapa gaji si pertambangan batu bara? 

Gaji Pertambangan Batubara

Tingginya gaji pertambangan batubara, membuat banyak orang tertarik bekerja di industri ini. Mengutip situs Kumparan, gaji karyawan pertambangan batubara rata-rata Rp4.063.062 sampai Rp18.073.728 per bulan untuk tahun 2022.

Sementara karyawan yang sudah bekerja selama lima tahun, bisa memiliki pendapatan sekitar Rp4.799.397 sampai Rp13.103.167 per bulan untuk jam kerja 40 jam selama seminggu.

Selengkapnya, Gaji Pekerja Tambang Batubara, Satu Bulan Minimal Rp10 Juta Lho..

Perusahaan tambang batubara besar berani menawarkan gaji yang fantastis untuk jabatan entry level, bisa mencapai lebih dari Rp110 juta per tahun. Ini tentu lebih tinggi dibandingkan dengan gaji entry level di bidang industri lainnya.

Gaji pekerja pertambangan batubara di atas bisa berbeda-beda tergantung dari jabatan, perusahaan dan tempat bekerja.

Dikarenakan risiko bekerja di tambang batubara terhitung besar, maka gaji sebesar itu sebanding dengan risiko yang dihadapi sewaktu-waktu.  Oleh sebab  itu, keamanan dan keselamatan selalu menjadi pertimbangan saat melamar di perusahaan tambang.

Baca Artikel  Bekas Tambang di Bangka yang Kini Jadi Agrowisata

Jenjang Karir

Beberapa pilihan jenjang karier yang ada di industri pertambangan batubara di antaranya:

Prospek Kerja Pertambangan Batubara

Dikutip dari Agincourt Resources, di bidang pertambangan terdapat beberapa jenis pilihan karir dengan tugas dan risiko yang berbeda-beda. Berikut lima jenis pekerjaan yang bisa dipilih saat kamu ingin terjun ke dalam industri tambang batu bara.

Insinyur Pertambangan

Insinyur pertambangan bertugas mengembangkan setiap model pembangunan dan akses pada aktivitas pertambangan dan melakukan berbagai perencanaan dan pengawasan di seluruh fasilitas pertambangan yang digunakan.

Teknisi atau Operator

Teknisi atau operator bertugas untuk mengoperasikan alat berat, maka wajib memahami berbagai macam prosedur ekskavasi, supaya proses menggali lokasi tambang batubara dapat berjalan lancar.

Ahli Pemasaran

Ahli pemasaran bertugas untuk memasarkan hasil tambang batubara dan menjaga serta merawat hubungan baik dengan klien, sehingga bisa terjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

Ahli Keuangan

Ahli keuangan bertugas untuk mengelola dan mengawasi arus keuangan perusahaan sehingga seluruh transaksi dapat dikendalikan dengan baik.

Demikian penjelasan tentang gaji pertambangan batubara dan prospek jenjang karir yang bisa dipilih. Tertarik bekerja di industri tambang batubara? Semoga informasi ini bermanfaat ya Kawan. 

Baca Artikel  Smelter Pertambangan, Yuk Ketahui Lebih Lanjut Di Sini!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer