Berita TambangMengintip Kiprah Perempuan Tangguh di Dunia Tambang

Mengintip Kiprah Perempuan Tangguh di Dunia Tambang

Kiprah perempuan di dunia tambang, khususnya di Indonesia dalam tahun belakangan ini memang tengah mengalami peningkatan yang signifikan.

Berdasarkan laporan yang dirilis pada April 2021, terjadi kenaikan 31 persen yang akhirnya bekerja di manajemen perusahaan global, termasuk di sektor tambang, di mana sebelumnya sempat stagnan di angka 29 persen. 

Selain itu, laporan yang sama juga menunjukkan jika perusahaan Indonesia mulai memperbaiki kesetaraan gender dengan menjamin peluang kerja yang setara.

Kemudian Data BPS (2019) menyebut, terdapat pertumbuhan tenaga kerja perempuan dari 2018 ke 2019 sebanyak 47,95 juta orang.

“Menciptakan lingkungan bisnis inklusif yang mendukung keberagaman gender di jenjang kepemimpinan perusahaan tidaklah mudah. Karenanya, para pemimpin bisnis perlu menjalankan strategi ini untuk jangka panjang serta selalu membagikan apa yang mereka lakukan untuk mendorong perubahan di perusahaan mereka sendiri sehingga pengalaman mereka dapat menginspirasi orang lain,” kata CEO/Managing Partner Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani.

Baca Artikel  Briket Batubara! Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM

Kabar baiknya, di sektor tambang global atau tepatnya di PT Vale Indonesia kini tengah menjunjung keberagaman di berbagai level pekerjaan, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik, terbuka, transparan, dan saling menghormati. Hal ini terutama bermanfaat bagi keberlangsungan perusahaan. 

Baca Juga: Di balik Rindu! Ini Keuntungan Jadi istri Pekerja Tambang

Adapun langkah konkret yang telah dilakukan Vale yaitu, menyetarakan gaji pekerja laki-laki dan perempuan serta sistem rekrutmen tanpa basis gender. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer