Kamis, April 18, 2024
MinerbaBatubaraMinat Jadi Penambang Batubara? Ketahui Ini Dulu

Minat Jadi Penambang Batubara? Ketahui Ini Dulu

Siapa yang minat jadi penambang batubara? Selain gaji gede, penambang juga perlu tahu kalau batubara tidak termasuk jenis batu-batuan. Mulia hitam satu ini berasal dari sisa fosil tanaman yang terbentuk selama ratusan juta tahun.

Tanaman yang sudah mati bercampur dengan berbagai media tanah seperti tanah gambut, berbagai zat karbon, oksigen, sulfur, hidrogen dan nitrogen. Kemudian membentuk fosil tumbuhan tersebut menjadi batubara lalu digerakkan oleh lempengan tektonik.

Batubara sangat penting dalam industri produksi semen, aluminium, kertas, bahan kimia dan obat-obatan. Selain itu juga bahan metanol, garam ammonia, pupuk pertanian, zat pelarut dan pewarna, plastik serta logam silicon.

Namun pada umumnya, batubara digunakan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik, yang dikonversikan ke dalam bentuk uap panas dan menjadi sumber tenaga pembangkit listrik.

Baca Artikel  7 Jenis Izin Pertambangan Indonesia yang Bisa Dipelajari

Batubara Indonesia menjadi komoditi ekspor dan sangat mendukung perekonomi negara serta meningkatkan perekonomian rakyat. Sehingga banyak orang berlomba-lomba terlibat dalam proses pengolahan batubara. Pekerja tambang merupakan salah satu unsur penting dalam proses pengolahan batubara.

Namun, orang harus tahu plus minus bekerja di tambang batubara. Sisi untung, yaitu tingkat kesejahteraan hidup para pekerja tambang batubara yang memiliki taraf perekonomian yang baik.

Baca Lainnya: Tips Penanggulangan Dampak Penambangan Batubara

Di satu sisi, yaitu resiko pekerjaan profesi ini lumayan sangat besar. Berkutat dengan mesin-mesin besar sehingga bahaya sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan pekerja.

Selain itu pekerja tambang batubara harus memiliki fisik dan mental yang kuat. Bekerja di wilayah pertambangan membutuhkan stamina dan kecerdasan yang tinggi. Para pekerja tambang batubara identik dengan karakter yang kuat dan tangguh.

Baca Artikel  Dear Anak Tambang! Ini 3 Posisi yang Sekarang Paling Dicari

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer