Selasa, April 16, 2024
Berita TambangNikel Melimpah, Pemerintah Fokus Bangun Kawasan Industri NIS

Nikel Melimpah, Pemerintah Fokus Bangun Kawasan Industri NIS

Berdasarkan data tahun 2020, Indonesia memiliki cadangan nikel melimpah sebesar 72 juta ton atau mencapai 52% dari total cadangan nikel dunia. Pemerintah fokus bangun kawasan industri NIS.

Melimpahnya cadangan nikel Indonesia tentu menjadi daya tarik yang kuat bagi investor untuk menanamkan modalnya di Industri nikel di Tanah Air. Atas hal itu, pemerintah mendorong berdirinya kawasan-kawasan industri untuk menjalankan aktivitas hilirisasi industri, termasuk yang berbasis nikel.

Pembangunan kawasan industri di luar Pulau Jawa merupakan bentuk akomodasi kebijakan hilirisasi industri berbasis sumber daya alam. Hal ini diharapkan akan mampu meningkatkan nilai tambah komoditas secara signifikan. Juga akan berkontribusi terhadap upaya substitusi impor, peningkatan serapan tenaga kerja, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian di daerah.

Baca Artikel  Cadangan Nikel Indonesia Mencapai 4,5 miliar Ton

Baca Juga: Anak Tambang Wajib Tahu, Manfaat Nikel Apa Saja..

Pemerintah telah menyusun pengembangan perwilayahan industri hingga 2035, yang mencakup peningkatan peran wilayah luar Jawa untuk menciptakan nilai tambah sektor industri pengolahan non-migas sebesar 40% dari total nilai tambah sektor industri pengolahan non-migas nasional.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer