Jumat, Maret 1, 2024
MinerbaBatubaraPama-Kideco Gelar Workshop di SMKN 3 Tanah Grogot, Paser

Pama-Kideco Gelar Workshop di SMKN 3 Tanah Grogot, Paser

ilmutambang.com – Senin (11/9/2023), PT Kideco Jaya Agung dan PT Pamapersada Nusantara Site (Pama-Kideco) menyelenggarakan Workshop penguatan kelembagaan Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Negeri 3 Tanah Grogot, yang dihadiri anggota BKK, guru dan kepala jurusan sekolah.

Kerjasama Pama-Kideco dengan BKK ini sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir.  BKK adalah salah satu tempat rekrutmen calon tenaga kerja Pama-Kideco. 

Di proses recruitment Pama-Kideco berkolaborasi dengan BKK yang pertama, diikuti 3.000 pendaftar. Tahun berikutnya meningkat naik menjadi 10.000 ribu pencari kerja dari seluruh Indonesia. 

Dari 10 ribu pendaftar ini, diseleksi lagi hingga terjaring para pemuda terbaik untuk mengikuti program Mekanik Magang (MM) maupun Operator Magang (OM) yang sesuai dengan persyaratan dan standar PAMA.

Pama-Kideco Gelar Workshop

Proses rekrutmen PAMA memang terbuka secara nasional dan diharapkan menjadi pemicu bagi pemuda di Kabupaten Paser untuk lebih semangat dan bersaing. Namun PAMA lebih mengutamakan ring satu atau masyarakat Kabupaten Paser, di sekitar wilayah operasional Pama-Kideco.

Sementara keberadaan BKK telah membuka peluang kerja lebih besar bagi siswa yang menempuh pendidikan kejuruan di SMKN 3 Tanah Grogot itu sendiri.

Baca Artikel  Setelah Pertambangan Selesai, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Perusahaan!

Pama-Kideco dan BKK SMKN 3 Tanah Grogot beserta sekolah afiliasi berperan meningkatkan program Local Source Development (LSD) untuk menyiapkan siswa yang akan direkrut perusahaan telah benar-benar matang. 

Di sisi lain, program kolaborasi BKK masuk dalam CSR program pengembangan dan peningkatan SDM di bidang pendidikan dengan sasaran khusus anak sekolah. 

Pama-Kideco juga menyiapkan Program Komuja (kompetensi guru mengajar). Guru yang mengajar di SMK binaan Pama-Kideco diajak berkunjung langsung ke area perusahaan, serta diberikan pelatihan oleh instruktur plant dan operasional dengan materi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Program Senja (Siap untuk Kerja), siswa dibekali soft skill baik budaya dan kedisiplinan kerja. Program ini melatih siswa yang akan direkrut tentang perilaku dan kedisiplinan yang sesuai standar kebutuhan perusahaan. Juga pengenalan proses psikotes, tes psikologi wawancara dan interview.

Baca Artikel  Deretan Pertambangan Energi di Indonesia, Berikut Daftarnya..

Program cares (campaign program hidup sehat), dokter perusahaan datang untuk mengisi materi ke sekolah-sekolah yang tergabung dalam BKK Centre untuk mengajarkan perilaku makan dan tidur.

Program Dufan (dukungan infrastruktur) dukungan hard dan soft infrastruktur untuk sekolah yang tergabung dalam BKK Centre. Sekolah diberi materi terkait dengan penyelarasan kurikulum dan pembekalan skills. 

Juga meningkatkan softskill, kepribadian dan pelatihan kompetensi khusus melalui kolaborasi program dengan BLK. Siswa yang berhasil akan diberi sertifikat.

Selama Bursa Kerja Khusus dibuka sudah enam persen alumni SMK 3 terserap dari jumlah kebutuhan Pama-Kideco pada 2022, dan lima persen pada 2021

Kawan tambang, program-program tersebut diharapkan dapat menciptakan SDM yang unggul dan kompetitif di dunia kerja. Lebih lagi, para siswa dapat mengembangkan diri untuk berwirausaha, membuka peluang usaha, yang akan dapat mempekerjakan masyarakat di sekitarnya. 

Baca Artikel  Gak Sembarangan! Begini Standarisasi Seragam Kerja di Pertambangan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer