Minggu, Juni 16, 2024
MinerbaBatubaraPelajari yuk Pengolahan Batubara yang Ramah Lingkungan!

Pelajari yuk Pengolahan Batubara yang Ramah Lingkungan!

Saat ini pengolahan batubara yang ramah lingkungan menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam mengurangi dampak serius terhadap tatanan kehidupan masyarakat. Selain itu, pemanasan global yang semakin parah di 2017 mendorong pemerintah untuk segera mengambil tindakan dalam mengurangi efeknya. 

Kendati pemerintah berupaya menyelesaikan persoalan tersebut, produksi batubara menjadi salah satu hal yang penting untuk tetap dilakukan, mengingat kebutuhan manusia pada komoditas ini selalu meningkat setiap tahunnya.

Melansir data laporan Kementerian ESDM 2009,  total sumber daya batubara yang dimiliki Indonesia mencapai 104.940 miliar ton dengan total cadangan sebesar 21.13 milyar ton. 

Pemanfaatan batubara sebagai sumber energi terus meningkat seiring menurunnya produksi minyak bumi dan meningkatnya kebutuhan. Hanya saja pemanfaatan dan pengolahan batubara sejauh ini masih menimbulkan kendala terkait pencemaran lingkungan. 

Baca Artikel  Ingin Bekerja di Tambang? 3 Pertimbangan Ini Wajib Diketahui

Baca Juga : Mari Kenali Jenis-jenis Bahan Galian Tambang

Meskipun beberapa pihak sudah melabeli batubara sebagai material yang merusak lingkungan, kenyataannya batubara menjadi komoditas yang paling dicari. Tidak bisa menampik batubara memegang andil sebagai bahan bakar pembangkit listrik.

Dari total konsumsi domestik sebesar 56 Juta T/Th, dialokasikan untuk kebutuhan pembangkit listrik adalah sebanyak 21 Juta T/Th. Hampir separuh konsumsi batubara domestik dipergunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer