Minggu, April 14, 2024
MinerbaBatubaraPemerintah: DMO Batubara Naik Selaras dengan Transisi Energi

Pemerintah: DMO Batubara Naik Selaras dengan Transisi Energi

DMO Batubara Naik – Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mempercepat transisi energi dengan menetapkan target bauran energi dari Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025, dan juga mendukung target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

Transisi energi harus mampu menciptakan pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Untuk itu, pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk memuluskan jalan menuju target hijau tersebut, salah satunya dengan melakukan face out (menghapuskan) maupun face down (mengurangi) PLTU. 

Selain itu, pemerintah juga akan mulai menerapkan pajak karbon pada 1 April 2022 untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan skema cap and tax dengan tarif sebesar Rp30 per kg karbonn CO2e. 

Baca Artikel  Anti Nganggur, Ini Peluang Kerja Jurusan Teknik Pertambangan

Sementara itu, di sub sektor minyak dan gas bumi, pemerintah akan menerapkan Carbon Capture, Utilization and Storage (CCUS), pembatasan routine flaring, optimalisasi pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga dan transportasi, dan penurunan emisi metana.

Melihat batubara merupakan bauran energi terbesar dalam negeri yang memiliki peranan cukup penting dalam proses transisi energi, maka pemerintah menaikkan kewajiban penjualan untuk kebutuhan pasar dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) menjadi 30 persen dari sebelumnya sebesar 25 persen dari total rencana produksi.

Baca Juga: Wanita Bekerja di Industri Pertambangan, Why Not?

Dengan harga paling tinggi US$ 70 per ton dengan acuan batubara kalori 6.322 kcl per kg. 

Baca Artikel  7 Jenis Izin Pertambangan Indonesia yang Bisa Dipelajari

Penambahan DMO ini dilakukan untuk mengamankan pasokan batubara sebagai bahan bakar PLTU. Apabila PLN mengalami oversupply listrik, maka permintaan batubaranya akan mengalami penurunan.

Sehingga para pengusaha batubara bisa mengalihkan sebagian DMO mereka untuk pasar ekspor.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer