Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangPenasaran Kenapa Bekerja di Tambang Itu Menjanjikan? Ini Alasannya..

Penasaran Kenapa Bekerja di Tambang Itu Menjanjikan? Ini Alasannya..

Profesi di dunia pertambangan ini merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan terutama bagi kalangan generasi milenial. Memang beragam resiko dihadapi, namun hal tersebut tidak akan mematahkan semangat para pejuang tambang.

Pekerja tambang harus tekun dan benar-benar mampu membaca kondisi geografis lingkungan tambang. Namun jangan lupa pastikan keselamatan kerja agar meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.

Berikut beberapa keuntungan bekerja di tambang:

1. Gaji yang tinggi

Tidak dapat dipungkiri bahwa bekerja di pertambangan akan mendapatkan gaji yang tinggi. Gaji yang ditawarkan beragam sesuai dengan jabatan yang diduduki.

2. Fasilitas yang baik

Perusahaan menyediakan fasilitas yang baik, berupa tempat tinggal dan kendaraan untuk mobile.

Baca Artikel  Melalui 5 Langkah Berikut, Tanah di Area Bekas Tambang Bisa Kembali Subur..

3. Relasi pertemanan

Para pekerja tambang biasanya para rantau, baik antar kota maupun antar provinsi. Maka relasi pertemanan cukup kuat dan luas. Hal ini akan menumbuhkan rasa persaudaraan antar pekerja tambang.

Berikut beberapa jenis profesi di bidang pertambangan yang menjadi incaran para pencari kerja Indonesia.

1. Teknisi atau Operator

Pekerjaan ini paling banyak diincar oleh lulusan sekolah, setidaknya hanya membutuhkan sertifikat keahlian yang masih berlaku saja. Dan pekerjaan ini membutuhkan kuota yang banyak.

Teknisi atau operator bertugas untuk mengoperasikan alat berat. Para teknisi atau operator harus memahami prosedur ekskavasi supaya penggalian lokasi tambang dapat berjalan dengan lancar.

2. Insinyur Pertambangan

Baca Artikel  Mengenal ‘Stakeholder Management Steering' di Perusahaan Tambang

Insiyur pertambangan bertugas mengembangankan model pembangunan dan akses pada aktivitas pertambangan. Dan berperan penting dalam perencanaan dan pengawasan seluruh fasilitas yang berkaitan dengan pertambangan.

3. Ahli Lingkungan

Ahli lingkungan dibutuhkan untuk mencegah dan memperbaiki akibat dampak buruk pada lingkungan. Ahli ini sangat penting untuk memastikan flora, fauna, kondisi tanah, dan elemen-elemen penting lainnya tidak terganggu oleh proses penambangan.

4. Ahli Pemasaran

Ahli pemasaran merupakan ujung tombak kemajuan pemasaran hasil tambang supaya produktivitas dapat meningkat. Ahli ini bertugas untuk memastikan perusahaan pertambangan dengan klien dapat menjalin kerja sama yang baik dan menguntungkan.

5. Ahli Keuangan

Jabatan finance atau keuangan bertugas mengelola dan mengawasi arus keuangan perusahaan pertambangan. Sehingga perusahaan dapat mengetahui seberapa besar pengeluaran dan pemasukan, supaya perusahaan dapat mengendalikannya.

Baca Artikel  Sederet Manfaat Sumber Daya Tambang Bagi Indonesia

Kawan tambang, untuk bekerja ditambang memang dibutuhkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang memadai. Oleh sebab itu bagi calon pelamar pekerja yang baru lulus sekolah, sebaiknya magang di perusahaan tambang untuk mencari pengalaman terlebih dahulu.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer