Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangPertambangan, Penopang Kejayaan Islam di Masa Lalu..

Pertambangan, Penopang Kejayaan Islam di Masa Lalu..

Penopang Kejayaan Islam – Peradaban Islam ketika berada pada masa keemasannya, dengan luas wilayah yang terbentang di tiga benua Asia, Afrika sampai Eropa menguasai aneka ragam kekayaan tambang alam. Industri pertambangan merupakan salah satu penopang kejayaan dunia Islam pada masa itu. 

Berbagai bahan tambang yang telah dikembangkan dunia Islam di era kekhalifahannya tersebut, yaitu emas, perak, besi, baja, timah hitam, bijih tembaga, bijih seng, garam, tawas dan batu mulia.

Bijih Logam dan Mineral

Bijih logam dan mineral berada pada posisi teratas pada era itu. Sangat dibutuhkan karena merupakan bahan dasar pembuatan persenjataan dan alat-alat pertanian.

Emas

Pertambangan emas ditemukan di beberapa wilayah Arab bagian barat, Mesir, Afrika, dan beberapa negara Islam lainnya di bagian timur. Misalnya Wadi Al-‘Allaqi, di sebelah timur hulu Sungai Nil yang terletak di Buja antara Ethiopia dan Nubia.

Baca Artikel  Inilah 5 Perusahaan Tambang Penyumbang Kas Terbesar RI

Emas ditambang juga di selatan Sahara, Senegal,  daerah hulu Nigeria, dan Mali (Maghrib Sudan), juga di daerah Wanqara, Nigeria. 

Perak

Penghasil tambang perak yang paling utama terletak di provinsi sebelah timur negara Islam, yaitu Hindu Kush di Kota Panjhir dan Jaruyana, bagian dari Balkan. 

Sekitar 10 ribu penambang yang bekerja di Panjhir. Tambang perak juga ditemukan di Spanyol, Maghribi, Iran dan Asia Tengah.

Timah Hitam

Timah hitam ini diperoleh dari galena (timah sulfida) yang bercampur juga dengan perak.

Ada dua jenis timah, yaitu cerussite (timah karbonat) dan anglesite (timah sulfat). Timah hitam ditambang di Spanyol, Sisilia, Maghribi, Iran, Mesopotamia Hulu dan Asia Kecil.

Baca Artikel  2 Perusahaan BUMN Ini Akan Terapkan Teknologi 5G Mining

Baca Juga: Desa Mandiri, Usaha Kideco Berdayakan Masyarakat Paser

Bijih Tembaga

Pertambangan bijih tembaga yang sangat penting berada di wilayah Spanyol, Cyprus, Sijistan, Kerman, Farghana, Bukhara, Tus dan Harat.

Bijih Seng

Seng karbonat dan seng oksida putih ditemukan di Provinsi Kerman dan di daerah Spanyol.

Timah Putih

Tambang timah putih ditemukan di wilayah Semenanjung Malaysia. 

Besi dan Baja

Tambang besi dan baja bisa ditemukan di wilayah Spanyol, yaitu Toledo dan Murcia. Sedangkan di wilayah Maghribi, yakni di daerah Maroko, di Jabal Al-Hadid di Aljazair dan Majjanat Al-Ma’dan di Tunisia. 

Di Gurun Libya serta di Distrik Fezzan, di Mesir juga Syria, Provinsi Fars di Iran, di Khurasan, Transoxiana, Azerbaijan dan Armenia. Tambang bijih besi juga diproduksi dan diekspor dari Sisilia.

Baca Artikel  Sudah Tahu Ada Hotel Tambang Terdalam di Dunia?

Air Raksa

Tambang air raksa berada di utara Cordoba dan di Transoxiana.

Tawas

Tambang tawas berada di wilayah Yaman dan Chad, yang diekspor ke Mesir dan seluruh negara-negara Afrika Utara. 

Batu Mulia

Batu rubi ditambang di Bazakhstan dan dibawa dari Sarandib. Sedangkan, mutiara berasal dari Hindustan dan Sarandib (Sri Lanka). Batu onyx di Yaman dan zamrud serta lapis-lazuli dari Nishapur.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer