Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangPesona Desa Terong Belitung, Tempat Wisata Bekas Tambang Kelas Dunia

Pesona Desa Terong Belitung, Tempat Wisata Bekas Tambang Kelas Dunia

ilmutambang.com – Desa Wisata Kreatif Terong di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung merupakan pariwisata Indonesia yang potensial. Karena desa wisata ini memiliki kualitas dunia sehingga menjadi penting untuk terus dikembangkan. 

Untuk itu, Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke Desa Wisata Kreatif Terong, Jumat (2/6/2023) untuk mengukuhkan Desa Wisata Kreatif Terong ini sebagai salah satu dari 75 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. 

Desa Wisata Kreatif Terong adalah sebuah desa yang berada di jalur utama pariwisata Belitung. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang aktif dan produktif telah membuat Desa Wisata Kreatif Terong ini kuat potensi pariwisatanya, berkualitas dan berkelanjutan. Salah satunya adalah terwujudnya destinasi wisata ‘Aik Rusa’Berehun’. 

Baca Artikel  Melihat Perubahan Helm Tambang: Dari Inisiatif Franz Kafka hingga Zaman Modern

Kawasan Aik Rusa’Berehun ini dulunya adalah bekas tambang timah yang oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bersama masyarakat dikembangkan menjadi destinasi wisata yang berkelanjutan. 

Secara swadaya masyarakat melakukan reklamasi dan menyulap kawasan bekas tambang ini selama tiga tahun, antara 2013 hingga 2016 menjadi destinasi wisata. 

Baca Artikel  Berkat Bantuan PT Kideco, Bakpia Sari Berkah 99 Tembus Pasar Nasional

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer