Senin, April 15, 2024
Berita TambangPeta Geologi: Definisi, Jenis dan Kegunaan dalam Pertambangan

Peta Geologi: Definisi, Jenis dan Kegunaan dalam Pertambangan

ilmutambang.com – Tidak ada yang dapat tahu bentuk muka bumi hanya dengan melihat jenis batuan yang ditemukan. Namun peta geologi dapat memberikan sedikit gambaran seluruh permukaan bumi. Peta geologi akan memudahkan orang untuk mengetahui bentuk bumi.

Peta geologi adalah peta yang berisi informasi tentang keadaan sebuah daerah. Informasi tentang formasi geologi, umur geologi, struktur geologi, penampang geologi dan sungai utama. 

Peta geologi berbentuk dua dimensi yang berisi keseluruhan isi bumi. Fungsi peta geologi adalah untuk mengetahui sebaran batuan yang ditandai dengan simbol tertentu. Peta geologi juga membantu pekerjaan di laboratorium dan kerja lapangan.

Skala pembuatan peta geologi adalah 1: 100.000, namun untuk dapat menjelaskan secara rinci mengenai sebuah wilayah disajikan dalam bentuk lebih besar. Peta berukuran besar akan memudahkan orang yang melakukan kerja lapangan.

Baca Artikel  Setelah Pertambangan Selesai, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Perusahaan!

Jenis Peta Geologi

Peta geologi mirip dengan peta topografi, hanya saja di dalamnya memuat banyak simbol. Berikut ini beberapa jenis peta geologi:

  1. Peta Singkapan

Peta singkapan (outcrop map) dibuat dengan skala besar dan mencantumkan nama tempat, yang menandakan bahwa ada persebaran batuan di daerah tersebut. Peta ini mencantumkan tidak hanya berupa simbol saja melainkan juga kondisi batuan tersebut. Peta singkapan sangat bermanfaat untuk mencari dan meneliti batuan bumi. 

  1. Peta Ikhtisar Geologis

Peta ikhtisar geologis merupakan peta yang menampilkan informasi langsung dalam bentuk formasi yang telah tersingkap. Dan ekstrapolasi beberapa lokasi dengan formasi yang masih tertutup oleh lapisan Holosen. 

  1. Peta Isopach

Peta isopach menyajikan persebaran dan ketebalan lapisan material piroklastik hasil erupsi gunung api. Dengan mengidentifikasi arah dan luas persebaran material piroklastik, maka dapat diketahui aspek-aspek dinamis suatu erupsi seperti

(1) Tinggi kolom erupsi,
(2) Intensitas erupsi,
(3) skala eksklusifitas dan
(4) arah angin.

  1. Peta Fotogeologi

Fotogeologi adalah peta yang dibuat berdasarkan interpretasi foto udara sehingga menggambarkan keadaan nyata. Peta ini memberikan informasi mengenai letak batuan bumi. Peta ini juga terdapat simbol yang melambangkan lokasi persebaran batuan. 

Baca Artikel  Apa? Kerja di Pertambangan Itu Sulit? Yuk Baca Ini Dulu!

Pada intinya, peta geologi memberikan gambaran dan bentuk bagaimana permukaan bumi. Selain itu, peta ini juga bermanfaat untuk memberikan informasi terkait potensi lokasi sumber daya alam bagi industri pertambangan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer