Sabtu, Juli 20, 2024
Berita TambangApa? Kerja di Pertambangan Itu Sulit? Yuk Baca Ini Dulu!

Apa? Kerja di Pertambangan Itu Sulit? Yuk Baca Ini Dulu!

ilmutambang.com – Indonesia merupakan salah satu negara dengan hasil tambang cukup melimpah, mulai dari batubara, emas, nikel, tembang, logam tanah jarang, dan masih banyak lagi. Tidak heran, apabila banyak orang yang ingin kerja di sektor pertambangan.

Melihat hal itu lalu timbul pertanyaan, apakah kerja di pertambangan itu sulit? Nah bagi Kawan Tambang yang tertarik ingin berkarir di industri ini, langsung simak saja yuk informasinya terkait kesulitan dan keuntungan apabila kamu kerja di tambang.  

Tidak dapat dipungkiri, cara kerja di pertambangan itu memang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan bidang lainnya, salah satunya yaitu kamu harus selalu waspada karena ancaman risiko kecelakaan kerja cukup tinggi. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Kawan Tambang tahu, seperti:

1. Jauh dari Keluarga

Baca Artikel  5 Jurusan SMK Ini Bisa Bekerja di Pertambangan

Lokasi pertambangan kebanyakan berada jauh dari kota. Sehingga para pekerja tambang harus bekerja jauh dari keluarga selama berbulan-bulan. Ini merupakan salah satu kesulitan utama para pekerja tambang. 

  1. Jenuh hingga Rentan Stress

Para pekerja tambang sering mengalami kejenuhan sehingga rentan terserang stress. Ini akibat kerja berbulan-bulan di pelosok yang jauh dari pusat keramaian. 

Memang di setiap pekerjaan memiliki risiko masing-masing. Namun di balik kesulitan itu semua, pekerja tambang juga akan mendapatkan keuntungan yang setimpal dengan risiko yang dihadapi. Penasaran apa?

  1. Gaji Tinggi

Kesulitan bekerja di pertambangan akan terbayar ketika para pekerja mendapatkan gaji. Gaji pekerja tambang tidak main-main. Ini tentu sepadan dengan risiko tinggi yang dihadapi. 

Baca Artikel  Penasaran Daerah Penghasil Nikel Indonesia Ada Di Mana?

Mengutip Linov HR (data tahun 2022) gaji di industri pertambangan bagi para fresh graduate dalam setahun berada di kisaran Rp75 juta hingga Rp136 juta. Wah, cukup menjanjikan bukan? 

  1. Fasilitas Terpenuhi

Para pekerja tambang disediakan fasilitas yang memadai oleh perusahaan antara lain, tempat tinggal, makan, asuransi, bonus, tunjangan untuk keluarga dan biaya transportasi.

  1. Prestisius

Bekerja di pertambangan akan meningkatkan prestise sosial, biasanya karena gaji tinggi. 

  1. Peluang Karir yang Menjanjikan

Bekerja di pertambangan memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Jika orang ingin meniti karir yang cemerlang, maka bekerja di pertambangan adalah tempatnya.

Itu dia informasi bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di pertambangan. Pada intinya sebelum memutuskan bekerja di industri ini, sebaiknya kamu harus memahami kesulitan dan keuntungan yang akan diperoleh ya. Selain itu, kamu juga perlu mulai mempersiapkan dan melatih diri untuk mengatasi kesulitan kerja tersebut.

Baca Artikel  Fokus Dorong Efektivitas CSR, Kideco Raih TOP CSR Award 2023

Jadi, Kawan Tambang sudah siap bekerja di pertambangan? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer