Selasa, April 16, 2024
Berita TambangProduksi Batubara RI Tembus 436 Juta Ton, Negara Cuan 130 T

Produksi Batubara RI Tembus 436 Juta Ton, Negara Cuan 130 T

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan produksi batubara harian Indonesia sampai pada September 2022 sudah mencapai 436 juta ton atau 65,89% dari target 663 juta ton. Sementara itu, realisasi penjualan batu bara sampai pada September 2022 ini sudah mencapai 290,50 juta ton.

Di antara realisasi penjualan tersebut, untuk penjualan kewajiban Domestic Market Obligation (DMO) sudah mencapai 54,03 juta ton. Kemudian ekspor batubara sendiri mencapai 168,18 juta ton.

Kementerian ESDM juga mengatakan, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) hingga September 2022 ini mencapai Rp 130 triliun.

Melihat hasil yang cukup signifikan dari PNBP sektor minerba, pihak Kementerian ESDM berharap pengelolaan sumber daya alam dapat dilaksanakan secara optimal untuk mendongkrak perekonomian negara. Terutama tanpa mengorbankan aspek sosial, ekonomi dan budaya masyarakat.

Baca Artikel  Sedikit Demi Sedikit, Harga Batubara Naik Juga…

Selain itu, sumber daya alam pun tentu harus dijaga dan dimanfaatkan seoptimal mungkin. Khususnya untuk kelangsungan kehidupan warga masyarakat saat ini tanpa mengurangi kebutuhan generasi mendatang.

ESDM pun berpesan kepada perusahaan tambang, saat melakukan kegiatan pertambangan itu patuhi semua standar penambangan yang baik agar tidak terlalu merusak lingkungan dan merugikan masyarakat area pertambangan.

Dalam melakukan kegiatan pertambangan, setiap perusahaan harus dapat melakukan praktik penambangan yang baik serta aturan standar penambangan yang baik dari semua aktivitas penambangan.

Sebagai informasi, sampai saat ini Kementerian ESDM mencatat terdapat ribuan Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), serta 60 perusahaan tambang pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang beroperasi di Indonesia.

Baca Artikel  Batubara Menjadi Tumpuan Transisi Energi di Tanah Air

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer