Selasa, April 16, 2024
MinerbaBatubaraProfesor ITB Ciptakan Batubara Ramah Lingkungan

Profesor ITB Ciptakan Batubara Ramah Lingkungan

Profesor Dwiwahju Sasongko yang merupakan Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil ciptakan terobosan baru yakni batubara ramah lingkungan. Teknologi ini diciptakan setelah pemanfaatan sumber energi batubara yang dieksploitasi secara besar-besaran sejak abad ke-19.

Profesor Dwiwahju Sasongko atau yang akrab disapa dengan Prof Song menyampaikan terobosan barunya tersebut saat pelaksanaan Webinar “Industri Kimia Berbasis Mineral dan Batubara” pada Sabtu (12/6/2021).

Hal itu bertepatan dalam rangka 80 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik Kimia di Indonesia, Program Studi Teknik Kimia ITB.

Prof Song mengatakan, saat ini penggunaan batubara menimbulkan pro dan kontra di kalangan pelaku industri dan aktivis lingkungan.

Di tengah batubara yang masih menjadi sumber energi utama bagi industri, namun pembakarannya berpotensi mencemari lingkungan dengan senyawa seperti NOx dan SOx penyebab hujan asam. 

Baca Artikel  Harga Batubara Acuan Kembali Meroket, Jadi US$288,40/Ton

Oleh karena itu, Prof Song menciptakan terobosan baru agar batubara tetap bisa digunakan tetapi aman terhadap kelestarian lingkungan.

Agar lebih ramah lingkungan, diperlukan teknologi pemrosesan batubara yang diimplementasikan pada skala komersial, yakni teknologi pembakaran. 

Prof Song menciptakan pengembangan teknologi pemanfaatan batubara ramah lingkungan dengan mengurangi emisi CO2, SOx, NOx, dan partikulat. 

Selain aspek tersebut, terdapat beberapa aspek lain dalam pengembangan batubara ramah lingkungan, yakni peningkatan kinerja teknologi konvensional dan pengembangan teknologi pemanfaatan yang baru. 

Baca Juga : Pahami Yuk Proses Penambangan Emas Modern

Upaya menciptakan batubara ramah lingkungan lainnya juga tengah dilakukan ITB melalui beberapa penelitian, seperti pembuatan batubara hibrida, penyisihan SOx dari gas bakar, dan pemanfaatan CO2 dari gas bakar untuk pembuatan format dan metanol.

Baca Artikel  Simak Kisah Pekerja Tambang Menjalani Puasa Ramadan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer