Minggu, November 28, 2021

Ragam Klasifikasi Batubara yang Anak Tambang Wajib Tahu!

Batubara memiliki beragam klasifikasi mulai dari klasifikasi berdasarkan proses pembentukkan hingga menurut International Standard Organization (ISO).

Adanya klasifikasi ini adalah untuk memudahkan kita dalam mengetahui kualitas dari batubara itu sendiri.

Kualitas menjadi penting karena batubara memiliki nilai ekonomi tinggi dan juga merupakan salah satu sumber energi yang banyak dimanfaatkan di dunia. 

Batubara adalah bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang telah menyerap energi dari sinar matahari pada jutaan tahun lalu.

Tumbuhan menyerap energi dari sinar matahari dan mengubahnya menjadi karbohidrat. Proses tersebut dikenal dengan fotosintesis.

Proses pembentukkan batubara sangat mempengaruhi kualitas dari batubara. Batubara yang padat lebih tinggi kualitasnya dibandingkan sebaliknya. Berikut adalah klasifikasi batubara berdasarkan proses pembentukannya:

  • Lignite

Dikenal dengan batubara coklat dengan kualitas yang rendah.

  • Sub-bituminous

Biasanya berwarna coklat gelap hingga hitam. Kualitas batubara ini berada di jenis Lignite dan Bituminous.

  • Bituminous

Memiliki kandungan bitumen atau aspal, umumnya memiliki warna hitam namun terkadang ada beberapa yang coklat tua. Bituminous memiliki kualitas yang tinggi.

  • Anthracite

Batubara dengan kualitas terbaik dan penggunaanya untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Batubara ini memiliki persediaan terbatas hanya sebesar 1 persen dari total penambangan.

Adapun klasifikasi batubara berdasarkan ISO adalah:

  • Low Rank Coal

Batubara peringkat rendah ini mencangkup batubara jenis Lignite dan Sub-bituminus. Jenis ini memiliki nilai reflektan vitrinit rata-rata (Rv) lebih kecil sama dengan 0,5 persen

Baca Juga : Simak Tips Mengolah Batubara Jadi Energi Bersih

  • Medium Rank Coal

Termasuk kedalam jenis batubara kualitas menengah dan mencangkup batubara Bituminous dengan Rv 0,5-0,2.

  • High Rank Coal

Klasifikasi ini memiliki Rv 2,0-6,0. Batubara pada kelompok ini berwarna hitam mengkilat sampai keperakan. Daya resistant yang tinggi serta tidak mudah hancur akibat perubahan cuaca.

Related Articles

Indonesia
8,226
Total active cases
Updated on November 28, 2021 12:26 am

Latest Articles