Kamis, Juli 25, 2024
MinerbaBatubara4 Manfaat Batubara, Bisa untuk Industri Kertas Lho..

4 Manfaat Batubara, Bisa untuk Industri Kertas Lho..

Tidak hanya sebagai hasil alam, manfaat batubara banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat batubara yang banyak diketahui adalah untuk energi listrik. Hal tersebut lantaran batubara adalah sumber yang sangat diandalkan untuk menggerakan turbin di PLTU. Namun masih banyak yang belum mengetahui, batubara juga bisa digunakan untuk mendukung di industri kertas loh.

Penasaran apa saja manfaat lainya? Berikut rinciannya:

  1. Pembangkit Listrik

Manfaat batubara paling banyak diketahui adalah sebagai pembangkit listrik. Panas yang pembakaran batubara dapat menggerakkan turbin yang akan menghasilkan tenaga listrik.

  1. Tar Batubara

Saat batubara disuling akan dihasilkan residu berupa tar yang berbentuk cair dan berwarna hitam pekat. Tar dapat digunakan untuk memperbaiki rumah dan bangunan dan produksi kain. Tar banyak digunakan untuk membuat bangunan tahan air, isolasi bangunan, membuat cat, kain, shampoo dan sabun.

Baca Artikel  Pengeboran Tambang Aman Melalui Metode Drilling & Blasting

Baca Juga : Tingkatkan Awareness ESG, Kideco Gelar “Kideco ESG Day”

  1. Bahan Bakar Cair

Batubara ternyata dapat dijadikan bahan bakar cair yang dapat menggantikan minyak. Batubara diolah dengan mengubah batubara bubuk atau bongkahan yang dilarutkan dalam suhu yang tinggi. 

  1. Membantu Industri Kertas

Siapa sangka, manfaat batubara bisa digunakan untuk industri kertas loh. Panas yang dihasilkan oleh batubara ini sangat tinggi dan stabil sehingga banyak digunakan dalam perindustrian kertas, semen hingga baja.  

Itu dia ragam manfaat batubara bagi kehidupan kita dan juga untuk kebutuhan di berbagai industri. Jika kamu tertarik dengan informasi seputar batubara atau tambang batubara bisa mengunjungi website Ilmu Tambang untuk eksplorasi lebih jauh. Atau bisa juga follow instagram Ilmu Tambang di @ilmutambang.id atau media sosial lainnya.   

Baca Artikel  Eksplorasi Jadi Kunci ‘Harta Karun’ Batubara Bertambah

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer