Minggu, April 21, 2024
MinerbaBatubaraRekor! Harga Batubara Membara Sentuh US$463 per Ton

Rekor! Harga Batubara Membara Sentuh US$463 per Ton

Harga Batubara Membara – Harga batubara mencatatkan tertinggi sepanjang sejarah. Pada perdagangan Senin (5/9/2022), harga batu kontrak Oktober di pasar ICE Newcastle ditutup di US$ 463 per ton. Harganya terbang 5,18 persen dibandingkan perdagangan terakhir pada pekan lalu, Jumat.

Pada perdagangan kemarin, harga batubara tercatat melewati rekor sebelumnya di tahun ini, yaitu US$ 446 per ton pada 2 Maret 2022.  

Penguatan kemarin juga memperpanjang reli harga batubara yang sudah berlangsung sejak Kamis pekan lalu. Dalam sepekan, harga batubara sudah melonjak 11,6% secara point-to-point. Dalam sebulan, harga batubara terbang 33,7% sementara dalam setahun melesat 160 persen. 

Apabila melihat harga batubara ke belakang, pada 23 Mei 2022 harga batubara sempat melambung dan menyentuh US$ US$ 421,5 tetapi kemudian amblas 1,94 persen pada hari berikutnya. Pada 12 Juli 222, harga batubara juga kembali melambung hingga ke titik US$ 438,40 tetapi langsung melandai 2,2%.

Baca Artikel  Harga Batubara Melesat, Sahamnya Banyak yang Murah Nih!

Pada 26 Juli, harga batubara sempat menyentuh US$ 440 per ton tetapi kemudian melandai 3,6% pada hari berikutnya.

Rekor baru pada kemarin masih dipicu oleh krisis gas Eropa. Rusia sudah menegaskan sikapnya jika mereka tidak akan memasok gas ke Eropa secara penuh jika sanksi kepada Rusia belum dicabut. 

Sebagai informasi, harga batubara melonjak drastis sejak perang Rusia-Ukraina meletus pada akhir Februari 2022. Sejak mencatatkan rekor pada 2 Maret 2022, harga ‘emas hitam’ sempat turun, tetapi kemudian melonjak beberapa kali sehingga mendekati rekor baru dengan penyebab yang berbeda.

Di antaranya seperti perang, banjir di Australia, krisis energi di India, embargo impor batu bara Rusia yang dilakukan Uni Eropa, krisis gas Eropa, hingga gelombang panas di China.

Baca Artikel  Harga Batubara Sebulan Meroket 30%, Bisa Tetap Konsisten?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer