Minggu, November 28, 2021

Seabad Sudah Komatsu Menjadi Produsen Alat Pertambangan

Komatsu telah merayakan umurnya yang sudah seabad atau 100 tahun sebagai produsen alat pertambangan. Selama satu abad terakhir ini telah dihabiskan untuk menciptakan prinsip-prinsip produk unggulan, teknologi dan inovasi manufaktur, jangkauan global serta pengembangan sumber daya manusia.

Berdiri pada tahun 1921 di kota Komatsu Jepang dengan tujuan untuk menopang masyarakat sekitar setelah penutupan tambang tembaga di wilayah tersebut. Nama Komatsu ini berartikan pohon pinus kecil yang berasal dari kata ko-matsu.

Perusahaan ini bermula pada tahun 1917 di mana pada saat itu masih bernama Komatsu Iron Works dan merupakan bagian dari perusahan induk Takeuchi Mining Industry. Hingga akhirnya berdiri sendiri menggunakan nama Komatsu Ltd.

Berpusat di Tokyo Jepang, perusahaan ini memproduksi peralatan konstruksi, pertambangaan dan militer seperti tekan, laser dan generator termoelektrik.

Sebagai salah satu produsen alat pertambangan yang populer, Komatsu memiliki beberapa produk unggulannya seperti, Excavator Komatsu PC78 dan seri dari Komatsu Loader.

Excavator Komatsu PC78 merupakan alat besar yang menggunakan teknologi mesin baru serta tenaga hidrolik.

Excavator ini dikenal dengan kemampuannya untuk memangkas penggunaan bahan bakar hingga 5%. Ukurannya cukup kecil menjanjikan performa tinggi.

Sedangkan seri Komatsu Loader terdiri dari alat berat seperti Wheel Loader dan Backhoe Loader Komatsu. Wheel Loader biasa digunakan untuk mengangkat material ke dalam dump truck atau ke satu tempat ke tempat lainnya.

Untuk alat Backhoe ini biasanya digunakan untuk melakukan penggalian area dengan posisi yang lebih rendah dari Backhoe itu sendiri.

Baca Juga : Sudah Tahu Fungsi Alat Berat Tambang Untuk Apa Aja?

Untuk 100 tahun ke depan, Komatsu merencanakan untuk fokus dalam mendukung industri pertambangan, konstruksi, kehutanan, mesin industri dan pertanian dengan transformasi tempat kerja digital masa depan.

Adanya digitalisasi lokasi kerja di seluruh dunia, Komatsu mengharapkan dapat menjadikan para pelanggannya mampu mengoptimalisasikan operasi di lokasi kerja. Hal ini juga merupakan upaya Komatsu untuk mendukung lingkungan netral karbon.

Related Articles

Indonesia
8,226
Total active cases
Updated on November 27, 2021 11:25 pm

Latest Articles