Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangSegudang Manfaat AI dalam Kehidupan Sehari-hari

Segudang Manfaat AI dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat AI dalam kehidupan sehari-hari — Artificial Intelligence (AI) adalah program komputer yang dirancang meniru tindakan dan pola pikir manusia.

AI mulai berkembang sejak tahun 1940 saat buku Principia Mathematica karya Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead terbit. 

Pada tahun 1990-an, AI mulai berkembang seiring dengan perkembangan penerapan psikologi dalam ilmu komputer. AI memiliki konsep yang luas dan terbagi dalam dua jenis, yaitu ANI (Artificial Narrow Intelligence) dan AGI (Artificial General Intelligence). 

Terdapat tiga jenis AI yang terkenal, yaitu Neural AI, Neural Networks dan Manipulation AI. Berikut rinciannya: 

1). Manipulation AI adalah jenis yang paling sering digunakan dalam sebuah penelitian. AI jenis ini menggunakan simbol abstrak.

Baca Artikel  3 Alasan Mengapa Pekerja Tambang Gajinya Besar

2). Neural AI merupakan jenis kecerdasan buatan yang populer sejak tahun 80-an. AI ini merepresentasikan pengetahuan melalui neutron buatan yang kemudian dihubungkan melalui proses belajar. 

3). Neural Networks adalah jenis AI yang diatur dalam lapisan yang berkaitan dengan simulasi. Biasanya, AI jenis ini digunakan dalam proses eksperimen berulang sehingga AI dapat memahami konstruksi perlakuan yang diberikan manusia terhadap teknologi canggih ini.

AI juga dapat diterapkan pada berbagai bidang ilmu, dari bidang kesehatan, bahasa, hingga seni. Berikut ini contoh penerapan teknologi AI dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Virtual Reality (VR)

Virtual Reality (VR) atau yang dikenal pula dengan realitas virtual adalah teknologi yang dapat membuat individu berinteraksi secara nyata, dengan objek imajinasi hasil simulasi komputer. Umumnya, teknologi ini dimanfaatkan sebagai alat bantu observasi hampir di seluruh bidang. Dalam industri games, VR juga kerap digunakan.

Baca Artikel  Tantangan Sektor Pertambangan RI di Era Industri 4.0

Teknologi VR yang disandingkan dengan AI nantinya dapat dipersonalisasikan sesuai kebutuhan penggunanya. Contoh, penerapan AI dalam teknologi VR secara imajiner dapat dilihat dalam film Iron Man. 

Baca Juga : Segudang Kecanggihan AI Bagi Revolusi Industri Pertambangan

  1. Chatbot

Chatbot adalah salah satu penerapan teknologi AI yang akan memudahkan aktivitas manusia.

Chatbot punya banyak peran. Selain sebagai pusat layanan dan informasi selama 24 jam setiap hari, teknologi tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada penjualan. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer