Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangMelihat Sejarah Pertambangan Indonesia, Mulai dari Era Penjajahan hingga Kemerdekaan

Melihat Sejarah Pertambangan Indonesia, Mulai dari Era Penjajahan hingga Kemerdekaan

ilmutambang.com – Sejarah industri pertambangan dan energi di Indonesia sudah dimulai sejak era Hindia Belanda. Seiring berjalannya waktu, industri pertambangan dan energi terus mengalami kemajuan.

Berikut beberapa peristiwa penting yang membentuk sejarah industri ini, mulai dari masa VOC hingga kemerdekaan Indonesia. Untuk selengkapnya, simak penjelasannya di bawah yuk! 

  1. Pembentukan VOC dan Perdagangan Rempah

Pada 1602 Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Perusahaan Hindia Timur Bersatu didirikan. Selain menjual rempah-rempah, VOC juga mulai tertarik dengan perdagangan hasil pertambangan.

  1. Penyelidikan Ilmu Kealaman

Pada 1652 para ilmuwan dari Eropa mulai melakukan penyelidikan berbagai aspek ilmu kealaman di wilayah Indonesia. Hal ini telah membantu penelusuran potensi geologis dan pertambangan Indonesia.

  1. Pembentukan Dinas Pertambangan
Baca Artikel  Jangan Abai! Ini 7 Tips Hindari Kecelakaan di Tambang

Pada 1850 pemerintah Hindia Belanda membentuk “Dienst van het Mijnwezen” (Dinas Pertambangan) yang berkantor di Batavia untuk menindaklanjuti hasil penelitian geologi dan pertambangan.

  1. Pemindahan ke Bandung

Sekitar 1920-an pemerintah Hindia Belanda merencanakan pemindahan kantor Dinas Pertambangan ke Bandung. Departemen Pekerjaan Umum yang mengawasi Dinas Pertambangan ini berkantor di Gedung Sate.

  1. Dienst van den Mijnbouw

Pada 1922, Dinas Pertambangan mengubah namanya menjadi “Dienst van den Mijnbouw” dan pada 1928 mereka membangun kantor Gedung Geologisch Laboratorium di Bandung.

  1. Peristiwa Selama Perang Dunia II

Selama Perang Dunia II, kantor Dinas Pertambangan dikuasai oleh Jepang dan staf Belanda diinternir. Waktu itu merupakan periode yang sulit bagi pengembangan pertambangan di Indonesia.

  1. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Baca Artikel  PT Kideco Buka ‘Beasiswa Kideco Gemilang 2023’ untuk S1 dan S2

Dinas Pertambangan masuk menjadi bagian dari Republik Indonesia yang baru terbentuk.

  1. Pengambilalihan dan Perubahan Nama

Pada tanggal 28 September 1945, kantor Dinas Pertambangan diambil alih dari pihak Jepang dan berganti nama menjadi “Poesat Djawatan Tambang dan Geologi.” 

  1. Peranan A.F. Lasut

A.F. Lasut adalah tokoh penting dalam perjuangan membangun lembaga tambang dan geologi nasional. Ia merupakan pegawai muda di kantor Dinas Pertambangan, yang berperan penting dalam pengambilalihan kantor dari pihak Jepang.

  1. Penetapan Hari Jadi Pertambangan dan Energi

Tanggal 28 September ditetapkan sebagai Hari Jadi Pertambangan dan Energi Indonesia.

Kawan tambang, cerita sejarah perjalanan industri Pertambangan dan energi Indonesia merupakan serangkaian perjuangan rakyat Indonesia untuk memerdekakan diri. Saat ini bangsa Indonesia sudah menikmati dan harus terus memelihara hasil perjuangan para pendahulunya itu. 

Baca Artikel  Kadin: Sektor Pertambangan Indonesia Masih Menarik Bagi Investor

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer