Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangSepatu Safety Tambang, Kenapa Diperlukan Saat Bekerja di Tambang?

Sepatu Safety Tambang, Kenapa Diperlukan Saat Bekerja di Tambang?

ilmutambang.com – Risiko kecelakaan kerja di pertambangan sangatlah besar. Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) harus menjadi prioritas utama bagi perusahaan pertambangan. Salah satu langkah penting yang harus diambil oleh perusahaan adalah menyediakan alat pelindung diri (APD) yang tepat, misalnya sepatu safety tambang.

Jika helm tambang berguna melindungi kepala, sedangkan sepatu safety dirancang khusus untuk melindungi kaki dari risiko cedera terkait dengan pekerjaan di wilayah pertambangan.

Sepatu safety tambang memiliki sol karet yang kuat untuk mencegah tergelincir di permukaan yang licin atau berbatu. 

Sepatu safety dilengkapi steel toe cap (pelindung besi) yang keras untuk melindungi kaki dari benda-benda berat atau keras yang jatuh atau terinjak.

Manfaat sepatu safety di tempat kerja

Sepatu Safety
Sepatu Safety

1). Melindungi Kaki dari Bahaya Benturan dan Tusukan

Bekerja di area tambang berisiko tinggi terkena jatuhan benda berat seperti batu dan peralatan berat, tertusuk benda tajam dan bahaya benturan lainnya. Dengan menggunakan sepatu safety pekerja dapat terhindar dari cidera ringan hingga berat.

2). Mencegah Tergelincir dan Terjatuh

Sepatu safety dengan outsole PU/TPU yang lebar dapat mencegah pekerja dari tergelincir dan terjatuh karena permukaan tanah yang licin atau berbatu. Juga menjaga keseimbangan tubuh lebih baik dan sepatu terasa lebih ringan.

Baca Artikel  Yuk Ketahui 5 Tugas Utama Seorang Safety Officer di Pertambangan

Kawan tambang, pada prinsipnya mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, perusahaan tambang memang harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) para pekerja. 

Maka perusahaan harus memberikan APD yang berkualitas, misalnya sepatu safety yang mudah digunakan dan dilepas, lebih fit dan kuat bagi medan yang berat dan outsole yang lebih lebar. 

 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer