Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangSiap-siap! Teknologi Tambang 5G Meluncur Mei 2022

Siap-siap! Teknologi Tambang 5G Meluncur Mei 2022

Teknologi tambang 5G meluncur Mei 2022 – PT Freeport Indonesia dan Telkom Group berkolaborasi untuk meluncurkan teknologi 5G mining atau teknologi telekomunikasi baru di sektor pertambangan pada Mei tahun ini.

Peluncuran 5G mining bertujuan membantu operasional tambang yang memang sulit dilakukan manusia jika tanpa bantuan alat.

Teknologi 5G mining juga akan meningkatkan konektivitas integrasi dalam perusahaan, yaitu melalui penerapan hyper connect network dan dapat menjaga keamanan operasional pekerja tambang.

Teknologi 5G di industri tambang nantinya akan dilakukan oleh autonomous vehicle serta robot. Selain itu, para pekerja tambang juga akan mengendalikan kendaraan otomatis dan robot dari jarak jauh untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Baca Artikel  Wisata Sejarah ke Museum Timah Indonesia di Muntok

Oleh sebab itu, keandalan dan stabilitas jaringan 5G menjadi hal penting yang harus dipenuhi operator seluler di kawasan pertambangan.

Karena permasalahan penting di pertambangan adalah akses komunikasi yang sulit. Sementara tidak banyak jaringan serat optik yang dapat menjangkau daerah pertambangan.

Di sisi lain para pemimpin perusahaan memiliki peran penting dalam adopsi solusi internet untuk segalanya (internet of things/IoT) 5G di perusahaan mereka.

Baca Juga: Indonesia Ternyata Punya Gunung Emas Loh, Jumlahnya Bejibun!

Karena teknologi ini akan menghasilkan: Pertama, efisiensi operasional. Kedua, peningkatan produktivitas. Ketiga, peningkatan penjualan perusahaan.

Menteri BUMN, Erick Thohir berharap peresmian teknologi tersebut nantinya dapat dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Artikel  Millennial Wajib Tahu 3 Fakta Pertambangan di Indonesia

Diluncurkannya teknologi 5G di pertambangan dapat membanggakan ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer