Sabtu, September 18, 2021

Simak 8 ‘Ikhtiar’ Pemerintah Genjot Hilirisasi Batubara

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan akan menggenjot hilirisasi batubara setidaknya melalui 8 program roadmap pengembangan dan pemanfaatan batubara.

Program pertama, pengembangan batubara dalam hal ini hilirisasi untuk menghasilkan Metanol dan Dimethyl Ether (DME).

Hal ini dapat dilakukan dengan mensubstitusi impor LPG dan metanol untuk kebutuhan dalam negeri.

Metanol yang kaya akan manfaat dan berperan di masa mendatang dapat diolah lebih lanjut menjadi produk bahan bakar dan bahan baku industri.

Program kedua adalah hilirisasi atau pengembangan batubara untuk menghasilkan Syngas, SNG, Amonia, dan Hidrogen.

Kemudian ketiga, hilirisasi melalui briket batubara-biomassa dan briket batubara berkarbonasi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan industri kecil atau UMKM. 

Keempat, hilirisasi batubara untuk industri metalurgi. Kelima, penyiapan hilirisasi batubara untuk menghasilkan produk material maju dan Rare Earth Element (REE).

Keenam, hilirisasi batubara untuk material agro industri. Ketujuh, penyiapan infrastruktur coal upgrading untuk mendukung ketahanan energi dalam negeri.

Serta yang kedelapan, penerapan High Efficiency Low Emissions (HELE) CCS-CCUS dalam PLTU dan proyek hilirisasi batubara.

Kedelapan program inilah yang akan menjadi arah atau program dari hilirisasi batubara. 

Seperti yang diketahui, hilirisasi batubara sejalan dengan pertumbuhan industri yang menuntut optimalisasi pemanfaatan batubara untuk bahan baku energi dan industri melalui peningkatan nilai tambah batubara. 

Baca Juga: Tak Cuma Cuan! Ini Alasan Memilih Kerja di Pertambangan

Upaya dan program pemerintah terkait hilirisasi batubara ini juga sebagai respon terhadap nilai keekonomian batubara yang fluktuatif, serta penggunaan batubara secara konvensional sebagai bahan baku akan semakin terbatas.

Hilirisasi juga akan mengurangi impor, serta akan semakin banyak rantai industri yang bisa dikembangkan dari hilirisasi batubara.

Related Articles

Indonesia
68,942
Total active cases
Updated on September 18, 2021 2:47 pm

Latest Articles