Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangStress Saat Kerja di Tambang? Coba Lakukan Ini Kawan..

Stress Saat Kerja di Tambang? Coba Lakukan Ini Kawan..

ilmutambang.com – Stres adalah gejala kejiwaan di mana orang merasa ada sesuatu yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Secara definisi, stres merupakan perasaan yang muncul pada saat berada di bawah tekanan, merasa kewalahan atau kesulitan menghadapi suatu situasi.

Stres dalam batas tertentu dapat berdampak positif, yaitu memacu diri untuk berubah dan tidak merasa nyaman di sebuah zona serta dapat memotivasi orang untuk dapat mencapai sebuah tujuan.

Namun, saat stres semakin berat, maka dapat berdampak pada kesehatan mental dan berujung pada gangguan kesehatan fisik.

Saat Kerja di Tambang

Stres tingkat tinggi (burnout) merupakan sebuah sindrom merupakan akibat dari stres kronis di tempat kerja yang tidak mampu dikelola dengan baik. Oleh sebab itu perlu manajemen stres di tempat kerja, termasuk di pertambangan.

Pekerja tambang memiliki risiko tinggi karena lokasi kerja, lingkungan kerja dan beban kerja. Misalnya, pekerja tambang harus bekerja di lokasi terpencil atau di tengah lautan. Ditambah risiko kecelakaan yang cukup tinggi.

Baca Artikel  PT Pama Persada Berkolaborasi dengan Kideco Gelar Penyuluhan Pertanian di Paser

Saat bekerja di pertambangan berbahaya seperti itu, dibutuhkan konsentrasi tinggi. Saat konsentrasi menurun maka risiko kecelakaan kerja meningkat. Konsentrasi menurun dapat disebabkan karena meningkatnya stress. Oleh sebab itu, pekerja harus mampu mengatasi stres.

Berikut tips menghindari stres di tempat kerja:

1. Kenali batas kemampuan

2. Berbagi dengan rekan kerja

3. Jaga pola hidup sehat

4. Lupakan pekerjaan sejenak

5. Lakukan meditasi

Kawan tambang, stress para pekerja tambang dapat memacu kerja namun dapat juga membuat kecelakaan kerja dan depresi. Untuk itu perusahaan harus menyediakan penataan stress di tingkat perusahaan dan personal pekerja.

Baca Artikel  Diperebutkan Banyak Negara, 47 Mineral Ini Sah Jadi ‘Harta Karun’ Indonesia

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer