Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangPT Pama Persada Berkolaborasi dengan Kideco Gelar Penyuluhan Pertanian di Paser

PT Pama Persada Berkolaborasi dengan Kideco Gelar Penyuluhan Pertanian di Paser

ilmutambang.comPT Pama Persada Nusantara berkolaborasi dengan PT Kideco Jaya Agung (Pama Kideco) memberikan pendampingan teknis kepada para petani karet di Desa Legai Kecamatan Batu Sopang, Paser pada 18 Oktober lalu.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) ini dilaksanakan melalui LPB Pama Daya Taka bersama sembilan UMKM perkebunan karet dan narasumber dari Balai Penyuluh Pertanian Batu Sopang. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas perkebunan karet di wilayah tersebut.

Pama-Kideco telah berkomitmen untuk ikut serta membangun sektor ekonomi masyarakat dengan menjaga keberlangsungan perkebunan karet yang berada di sekitar wilayah kerja perusahaan. Diharapkan melalui program-program yang dilaksanakan ini, masyarakat mampu bersaing dalam usaha yang mereka geluti itu.

Kedua perusahaan ini optimistis bahwa melalui pengetahuan dan semangat baru yang didapat melalui pelatihan tersebut, para petani karet Desa Legai akan mampu menatap masa depan yang lebih cerah.

Baca Artikel  Indika Perusahaan Induk Kideco Beri Sinyal Divestasi Tahun Ini

Penyuluh memberikan materi tentang teknik panen yang tepat dan pemeliharaan pohon karet yang berkelanjutan. Tentang memilih waktu yang tepat untuk memulai panen. Menggunakan alat yang tepat, teknik pemotongan yang baik, arah menurih dan ketebalan turihan yang tepat. Karena hal tersebut akan meningkatkan kualitas hasil panen para petani karet.

Setelah mendapatkan penjelasan secara teoritis, para petani mengadakan praktik langsung pengetahuan tersebut di kebun karet. Mereka melatih keahlian ini dengan bimbingan para instruktur, memilih pohon karet yang siap dipanen, memotong kulit pohon karet dan mengumpulkan getah karet dengan benar.

Para petani karet Desa Legai merasa beruntung dengan diselenggarakannya pendampingan oleh Pama-Kideco tersebut. Mereka berharap melalui program ini mereka akan dapat meningkatkan perekonomian desa mereka.

Baca Artikel  Mengenal Risiko Profesi Penambang Bawah Tanah Saat Bekerja

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer