Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangSudah Tahu Alasan Mengapa Alat Keselamatan Kerja Dianggap Penting?

Sudah Tahu Alasan Mengapa Alat Keselamatan Kerja Dianggap Penting?

ilmutambang.com – Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman bagi seluruh karyawan di industri pertambangan.

Menerapkan panduan K3 secara tepat serta menggunakan peralatan sesuai standar keselamatan akan membantu mengurangi kecelakaan maupun penyakit saat bekerja. 

Penyebab kecelakaan kerja yang paling besar adalah perilaku tidak aman mencapai 88 persen, sedangkan kondisi lingkungan tidak aman menyumbang 10 persen. Oleh karena itu, prosedur pengamanan harus dipatuhi supaya gangguan maupun kecelakaan kerja dapat dihindari. 

Selain prosedur, terdapat satu hal lagi yang perlu diterapkan saat bekerja di pertambangan, yaitu alat keselamatan kerja. Penggunaan alat ini menjadi kewajiban ketika memasuki ruang lingkup perusahaan, terutama kawasan tambang.

Baca Artikel  Apa Gunanya Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) di Tambang?
Mengapa Alat Keselamatan Kerja
Mengapa Alat Keselamatan Kerja

Terdapat sejumlah faktor penting yang menjadikan alat keselamatan wajib dikenakan ketika bekerja. Kepedulian ini menjadi tanggung jawab bersama seluruh pihak di perusahaan. Terutama pihak yang memakai langsung alatnya.

  1. Faktor Perikemanusiaan 

Faktor perikemanusiaan dilakukan dengan mewajibkan para pekerja mengenakan alat keselamatan, sehingga pekerja dapat terhindar dari kecelakaan kerja.

  1. Faktor Undang-Undang

Faktor Undang-Undang yang mengatur dengan jelas mengenai penggunaan alat keselamatan ketika bekerja. Karena apabila dilanggar, maka pihak terkait akan dijatuhi hukuman atau denda.

  1. Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi terkait biaya pengobatan yang harus ditanggung oleh perusahaan.

  1. Prinsip Berkaitan dengan Alat Keselamatan Kerja 

Prinsip ini harus diperhatikan oleh perusahaan. Terutama jika kondisi lapangan kerja tergolong ekstrem, seperti wilayah pertambangan. 

  1. Tersedia APD di lokasi kerja

Perusahaan harus menyediakan APD di lokasi kerja, maka para pekerja tidak perlu membeli sendiri APD yang dipakai ketika bekerja. 

  1. Tersedia Buku Petunjuk Penggunaan Alat 

Perusahaan harus menyediakan buku petunjuk penggunaan alat keselamatan kerja. Supaya para pekerja dapat memahami cara pemakaiannya. 

  1. Kesadaran dalam Memelihara Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Semua pihak dalam perusahaan harus memiliki kesadaran dan menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja. 

Baca Artikel  Apa Saja Tahapan Sertifikasi Keselamatan di Pertambangan?

Kawan tambang, para pekerja harus menyadari pentingnya penggunaan alat perlindungan. Karena menggunakan alat perlindungan akan memberikan perlindungan pada para pekerja dan sumber produksi, sehingga ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer