Sabtu, September 18, 2021

Tak Cuma Surveyor! Ini Prospek Kerja Lulusan Geodesi

Umumnya, jika kamu lulusan jurusan teknik geodesi pasti sebagian besar orang akan menjawab prospek kerja hanya menjadi seorang surveyor saja. Tidak lepas dari total station, gps, drone, pemetaan situasi, perhitungan volume, dan kegiatan survey lainnya.

Namun, apakah lulusan teknik geodesi cuma berpeluang menjadi surveyor saja? Jawabannya, tentu tidak. Alumni jurusan ini memiliki banyak prospek kerja lainnya yang bisa dilakukan terkait dengan keilmuan walau perlu tambahan ilmu lain yang harus dipelajari.

Lalu apa saja prospek kerja bagi lulusan Teknik Geodesi khususnya di industri pertambangan batubara? Berikut ulasannya!

1. Perencana Tambang

Perencana tambang umumnya bertugas untuk membuat perencanaan tambang berupa desain dan perhitungan produksi berdasarkan kapasitas unit dengan memperhatikan faktor keamanan dan lingkungan. 

Lulusan geodesi berprospek dalam membuat desain tambang karena lulusan geodesi sangat umum dalam membaca data topografi yang bersumber dari survey. Yang perlu dilatih adalah mengenai perencanaan dan kapasitas unit produksi.

2. Pit Control

Lulusan geodesi juga memiliki prospek kerja sebagai pit control karena memiliki kemampuan membaca peta dan pergerakan tambang yang baik.

Pit control bertugas untuk mengontrol kegiatan pertambangan yang sudah direncanakan oleh perencana tambang agar sesuai dengan rencana.

Pit control berperan melakukan kontrol terhadap pertambangan agar sesuai dengan rencana harian, mingguan, atau bulanan.

3. Pengawas Produksi

Lulusan geodesi juga berprospek kerja sebagai pengawas produksi. Posisi ini berperan untuk mengontrol jalannya pertambangan namun lebih berfokus pada ketercapaian produksi setiap unit yang diawasi.

Pengawas produksi juga dituntut untuk bisa menyelesaikan kendala apabila terdapat faktor yang menghambat produksi.

Lulusan geodesi yang mengisi posisi ini diharapkan bisa memahami mengenai produksi dan kapasitasnya, serta mampu menangani kendala yang terjadi di lapangan.

4. Project Engineer

Di industri pertambangan batubara, selain berfokus pada pencarian batubara, terdapat juga pekerjaan yang bersifat general dengan fungsi yang sangat penting. Pekerjaan tersebut antara lain pembuatan parit, settling pond, jalan, dan lain-lain. 

Lulusan geodesi juga berpeluang sebagai project engineer di pertambangan karena terdapat beberapa perusahaan yang merekrut khusus posisi ini.

Baca Juga : Apa Aja si Sebenarnya Kerjaan Surveyor Tambang?

Selain empat posisi diatas, masih banyak terdapat prospek kerja lainnya bagi lulusan Teknik Geodesi. Teknik geodesi akan memberikan banyak ilmu yang bisa diaplikasikan di industri pertambangan.

Related Articles

Indonesia
68,942
Total active cases
Updated on September 18, 2021 8:39 am

Latest Articles