Kamis, Oktober 28, 2021

Tangani Covid-19! Kideco Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

PT Kideco Jaya Agung yang memiliki luas areal konsesi sebesar 47.500 hektar dan memiliki sekitar 15.000 orang yang bekerja di mine site, tentunya membuat Kideco terapkan protokol kesehatan ketat untuk tangani Covid-19 secara komprehensif, terstruktur, dan terkoordinir dengan kuat.

Dalam menangani Covid-19, kesehatan dan keselamatan karyawan menjadi prioritas utama Kideco.

Kideco bekerja sama dengan kontraktor yang bekerja di tambang untuk terapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk mengurangi arus-keluar masuk orang. Kideco juga melarang karyawan yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk keluar dari mine site.

Sementara bagi karyawan yang datang ke mine site Kideco, akan dikarantina selama 14 hari. Hal ini berlaku tidak hanya bagi karyawan, melainkan juga untuk keluarganya dan seluruh pekerja di tambang Kideco. Saat ini Kideco dan para kontraktor memiliki fasilitas karantina yang memadai.

Untuk menerapkan protokol kesehatan, Kideco juga mengatur jarak antar penumpang di dalam bus yang setiap harinya mengantarkan karyawan dari mess ke lokasi tambang yang berjarak 5-10 km.

Kideco memonitor suhu tubuh setiap tamu atau karyawan mulai dari riba di bandara Sepinggan, Balikpapan, sebelum naik ke speed boat, dan perjalanan ke mine site.

Setelah sampai di lokasi tambang, Kideco juga mewajibkan tamu dan karyawannya untuk melapor sesuai ketentuan di Puskesmas Kecamatan Batu Sopang, kemudian menjalankan karantina 14 hari dengan monitor dokter setiap harinya.

Pemeriksaan suhu juga dilakukan di seluruh pintu masuk Kideco, bahkan di beberapa akses utama juga telah menggunakan temperature camera.

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, Kideco dan seluruh kontraktor menerapkan pola istirahat yang cukup dengan tujuan menjaga stamina, fisik maupun psikis dari tiap individu, terutama bagi mereka yang mengoperasikan alat berat. Penerapan ini juga dilakukan Kideco agar menjaga karyawan selalu dalam keadaan sehat dan bugar.

Baca Juga : Kideco Beri Bantuan Wujud Komitmen Penanganan Pandemi

Bentuk penanganan Covid-19 tidak hanya dilakukan bagi internal perusahaan saja, namun Kideco juga secara proaktif berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten maupun manajemen dari rumah sakit rujukan Covid-19 (Rumah Sakit Panglima Sebaya di Tanah Grogot) untuk melakukan kerja sama dalam penanganan Covid-19. 

Sesuai dengan arahan dari pemerintah kabupaten, beberapa arahan program Corporate Social Responsibility (CSR) Kideco alihkan untuk membantu penanganan Covid-19 dengan membantu pemerintah untuk memperluas fasilitas pengobatan Covid019 di Tanah Grogot, Kabupaten Paser.

Related Articles

Indonesia
12,735
Total active cases
Updated on October 28, 2021 2:45 pm

Latest Articles