Minggu, Juni 16, 2024
MinerbaBatubaraTerima Kasih Rusia, Batubara Indonesia Laris di Eropa

Terima Kasih Rusia, Batubara Indonesia Laris di Eropa

Batubara Indonesia laris di Eropa – Rusia berencana akan menyetop ekspor batubaranya ke berbagai negara di Eropa, sehingga pasokan di Eropa akan menipis. Akibatnya, banyak negara di Eropa berebut batubara Indonesia.

Sejumlah negara yang tengah menjajaki pembelian batubara Indonesia adalah Jerman, Spanyol, Italia dan Belanda. Pemerintah mau tidak mau berencana akan menaikkan produksi batubara nasional.

Rencana pemerintah untuk menaikkan produksi batubara tentu menjadi peluang pengusaha batubara di Indoensia agar bisa memenuhi kebutuhan di Eropa. Peluang ini juga tentu jika dimaksimalkan bisa membuat neraca perdagangan negara surplus.  

Staf Khusus Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Irwandy Arif mengatakan, terdapat empat negara Eropa yang saat ini melirik untuk memborong batu bara asal Indonesia. Keempat negara tersebut diantaranya adalah Belanda, Jerman, Spanyol dan Italia

Baca Artikel  Tempat Wisata Ini Dibangun Pakai Limbah Tambang Batubara!

Dia juga menyebut, keempat negara tersebut sedang dalam tahap penjajakan awal untuk meminta batu bara Indonesia.

Baca Juga: Siap-siap, Harga Batubara Diramal Cerah

Sehingga pihaknya belum mengetahui berapa kuota permintaan dari negara-negara Eropa tersebut.

“Penjajakan lah masih awal. Kan Rusia baru nyetop (setop impor batu bara ke Eropa) Agustus. Itu masih baru penjajakan, ada Jerman, Spanyol, Italia dan Belanda,” terang Irwandy, Jumat (24/6/2022).

Selain negara Eropa, Irwandy menjelaskan India yang merupakan salah satu negara tujuan ekspor batu bara terbesar Indonesia juga meminta tambahan batu bara. Namun demikian, ia tidak merinci seberapa besar tambahan produksi yang diminta India.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer