Senin, April 15, 2024
Berita TambangTertarik Bekerja di Pertambangan? Yuk Pelajari Istilah-Istilah Ini!

Tertarik Bekerja di Pertambangan? Yuk Pelajari Istilah-Istilah Ini!

Bukan rahasia umum jika banyak orang yang tertarik ingin berkarir dalam sektor pertambangan. Salah satu alasan kenapa banyak orang yang mengincar bekerja di sektor tambang yaitu karena gaji yang ditawarkan cukup fantastis.

Jika kamu juga ingin bekerja di bidang ini, tentunya harus memiliki kualifikasi yang dibutuhkan dan memahami berbagai istilah pertambangan. 

Ada banyak sekali istilah yang digunakan dan cukup asing bagi orang awam yang belum pernah terjun di bidang ini. Bagi yang ingin bekerja atau belajar tentang istilah pertambangan, berikut deretan daftar istilah pertambangan dan pengertiannya, antara lain:

  1. OVERBURDEN (OB)

Lapisan batuan penutup atau lapisan yg menutupi bahan galian yang umumnya terdiri dari Top Soil (lapisan tanah paling atas), Subsoil (lapisan tanah antara top soil dan overburden) dan lapisan tanah inti (Sand Stone, Clay, dan lainnya).

  1. INTERBURDEN (IB) 
Baca Artikel  Melihat Hubungan Erat Ahli Tambang dan Geologist di Industri Pertambangan

Lapisan tanah penutup berada antara lapisan batubara atau bahan galian.

  1. STOPE

Ruangan area pertambangan yang dipakai untuk proses pengambilan dan penyimpanan ore.

  1. ORE

Bijih (material dari hasil galian tambang) berbahan mineral yang dapat diambil dan diekstrak dengan nilai ekonomis tinggi.

  1. BEDROCK

Semua batuan atau material yang letaknya tepat di bagian bawah ore.

  1. PIT 

Lokasi penambangan di tambang terbuka, yaitu singkatan dari Pelaksana Inspeksi Tambang.

  1. CHUTE

Corong atau lubang kecil yang menghubungkan antara level tinggi sampai rendah untuk memindahkan ore dengan memanfaatkan gaya gravitasi.

  1. EXPLORATION

Kegiatan yang dilakukan setelah menemukan endapan mineral dengan lebih teliti dan detail, terdiri dari mengetahui ukuran, posisi, bentuk, jumlah cadangan, hingga kadar rata-rata endapan mineral tersebut.

  1. DEVELOPMENT
Baca Artikel  Climate Smart Mining Mampu Kurangi Perubahan Iklim

Pembuatan lubang-lubang bukaan di dalam dan ke arah ore yang sudah dipastikan ada sebagai persiapan untuk penambangan dan pengangkutan ore.

  1. RIPPING

Proses pengerukan, pemberian atau pelonggaran material dengan memanfaatkan alat berat.

  1. CULVERT

Parit atau gorong-gorong yang dibuat untuk aliran air, yang berguna untuk menampung air hujan yang masuk ke area tambang supaya dapat dialirkan ke luar.

  1. SHAFT

Lubang galian bentuk vertikal yang umumnya berukuran sangat panjang karena berfungsi sebagai pembuka jalan dalam wilayah tambang.

Demikianlah berbagai istilah yang biasa digunakan dalam kegiatan penambangan. Semoga membantu kamu yang ingin bekerja dan berkarir di industri pertambangan ya. Semangat! 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer