Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangTidak Biasa! Rasakan Sensasi Ibadah di Masjid Bawah Tanah

Tidak Biasa! Rasakan Sensasi Ibadah di Masjid Bawah Tanah

Masjid Baabul Munawwar berada ribuan meter di perut bumi, dan menjadikannya masjid terdalam di Indonesia sehingga dapat memberikan sensasi beribadah yang berbeda. Kedalaman masjid ini mencapai 1.700 meter di bawah permukaan tanah.

Masjid ini berada di lokasi tambang bawah tanah di Timika, Papua. Pertambangan tersebut dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

Keberadaan masjid di perut bumi tersebut, telah memperkuat kehidupan beragama karyawan yang bekerja areal tambang.

Tak ayal, Masjid Baabul Munawwar telah didaulat oleh Museum Rekor Indonesia atau MURI sebagai masjid terdalam di Indonesia, bahkan di dunia. Manajemen PT Freeport Indonesia mendirikan masjid ini pada tahun 2016.

VP Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan, bahwa masjid ini telah memberikan kenyamanan bagi karyawan dalam menjalankan ibadah sehari-hari.

Baca Artikel  Cool! Patung Budha Ini Terbuat dari Emas dan Tembaga

Kenyamanan karyawan dalam beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing, merupakan prioritas perusahaan karena jumlah karyawan yang begitu besar. 

Riza juga menambahkan jika Masjid Baabul Munawwar rutin dalam membuat kegiatan Ramadhan, untuk mendukung para karyawan dalam menjalankan ibadah puasa dengan lebih maksimal.

Pengurus masjid yang juga merupakan Karyawan PT Freeport Indonesia Budi Sutrisna, menjelaskan jika kegiatan Ramadhan yang biasa dilakukan adalah buka puasa bersama dan juga Salat Tarawih. Kegiatan tersebut diupayakan untuk dilakukan setiap hari Jumat, paling tidak satu minggu sekali.

Baca Juga : Drill Jumbo, Jagonya Ngebor Tambang Bawah Tanah

Karyawan yang aktif mengikuti kegiatan di Masjid Baabul Munawwar kebanyakan berasal dari bagian operasional tambang bawah tanah seperti bagian mekanik, konstruksi, operator, elektrik, instrumen dan lainnya.

Baca Artikel  Inilah 2 Program CSR Unggulan Kideco yang Menginspirasi!

Hal unik lainnya tentang masjid ini, adalah letaknya yang bersebelahan dengan fasilitas ibadah bagi karyawan Kristiani, yakni Gereja Oikumene Soteria.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer