Minggu, April 21, 2024
Ilmu Tambang4 Tips Cegah Kecelakaan Kerja di Tambang

4 Tips Cegah Kecelakaan Kerja di Tambang

Tips Cegah Kecelakaan Kerja di Tambang – Bukan rahasia lagi, industri pertambangan adalah salah satu pekerjaan yang memiliki risiko tinggi terkait keselamatan kerja. Untuk itu, sudah seharusnya setiap karyawan yang bekerja di industri ini bersikap waspada terhadap segala ancaman kecelakaan.

Tengok saja, misalnya 22 orang tewas akibat tambang batubara terbakar dalam kecelakaan tambang di Cina pada 2015 lalu karena konsleting listrik. 

Demi menghindari itu semua, sangat penting bahwa kamu mengambil langkah-langkah keselamatan berikut untuk terhindar dari risiko yang membahayakan diri saat bekerja:

  1. Jangan Abaikan Bahaya Kecelakaan

Langkah pertama untuk menjaga diri tetap aman adalah menyadari fakta bahwa bekerja di pertambangan itu penuh dengan risiko. Terimalah bahwa industri pertambangan pada dasarnya penuh dengan bahaya, dan kamu harus tetap waspada setiap saat di tempat kerja. Ingat, kecerobohan kecil dapat menyebabkan kecelakaan fatal di pertambangan. 

  1. Selalu Pakai Perlengkapan Keselamatan
Baca Artikel  Hilirisasi Batubara Jadi Grafit Sintetik Berpotensi Tinggi

Ada banyak peralatan keselamatan yang digunakan pekerja pertambangan untuk perlindungan mereka, mulai dari helm hingga kacamata pengaman dan sarung tangan. Sangat penting bahwa semua pekerja memakai peralatan keselamatan yang diperlukan setiap saat.

  1. Ikuti Standar Keselamatan Terbaru

Pastikan semua peralatan keselamatan dirawat secara teratur dan memenuhi semua standar keselamatan terbaru. 

Jangan pernah mencoba menghemat peralatan keselamatan. Jika suatu barang tidak lagi sesuai dengan standar keselamatan saat ini, segera gantilah, meskipun ini berarti menambah biaya atau menunda proyek. 

Jangan biarkan staf menggunakan peralatan keselamatan yang sudah ketinggalan zaman, bahkan untuk waktu yang singkat.  

Baca Juga Artikel Kenali dan Patuhi 6 Rambu K3 di Pertambangan

  1. Ikuti Pelatihan Profesional
Baca Artikel  Mau Jadi Pekerja Tambang? Pahami Dulu Open Pit Mining

Semua anggota tim harus menjalani pelatihan keselamatan reguler. Ini seharusnya tidak hanya berlaku untuk anggota tim baru. Bahkan, karyawan lama harus dibuat untuk menghadiri kursus penyegaran. 

Sesi pelatihan keselamatan yang berisi teori dan komponen praktis bisa sangat membantu. Pekerja yang mengambil peran berat dapat dikirim untuk pemeriksaan kesehatan dan kebugaran untuk menentukan apakah mereka mampu menghadapi tuntutan fisik dari pekerjaan mereka.

Itu dia beberapa tips agar bisa menjaga keselamatan kerja di area pertambangan. Intinya, dengan kamu memperhatikan setiap detail protokol dan prosedur keselamatan kerja, bisa mengurangi angka kecelakaan pada saat bekerja.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer